Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
Abstrak
Keterampilan dasar guru dalam mengajar di kelas merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh para guru, dengan tujuan agar pembelajaran di kelas dapat terwujud pembelajaran yang baik dan menyenangkan. Keterampilan mengajar atau membelajarkan merupakan kompetensi pedagogik yang cukup kompleks karena merupakan integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Baito Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan delapan keterampilan dasar mengajar guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di Kelas V SD Negeri 1 Baito Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. Penentuan subjek penelitian ini informan yang akan dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan informasi dalam penelitian ini adalah guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa pelaksanaan delapan keterampilan dasar mengajar guru seperti; 1) keterampilan bertanya; 2) memberi penguatan; 3) mengadakan variasi; 4) menjelaskan; 5) membuka dan menutup pelajaran; 6) membimbing diskusi kelompok kecil; 7) mengelola kelas; serta 8) mengajar kelompok kecil dan perorangan, dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan telah dilakukan sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Gunawan, Adi W. 2006. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Milan, Rianto. 2007. Pengelolaan Kelas Model Pakem. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution S. 2003.Metodologi Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Panggabean, Dusepti. 2012. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. (Online) http://duseptipanggabean.blogspot.com/2012/01/menciptakan-suasana-belajar-yang.html. Diakses Pada Hari jum’at 24-10-2014 Pukul 11.45.
Peraturan Pemerintah No 19. Tentang Standar Pendidikan Nasional.
Rose dan Nicholl. 2003. Accelerated Learning For The Century 21th Century Cara Belajar Cepat Abad XXI. Jakarta: Nuansa.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Supryadi. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, M.Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya Baru Bandung: 1990.
Wadjdi, Fareid. Praktik Mengajar, “modul Diklat Calon Widyaiswaraâ€. Jakarta; LAN, 2005, Pedoman Microteaching. Jakarta: UNJ; 2007
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.