Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa

Sandha Soemantri (1)
(1) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), Indonesia

Abstrak

Ausburn dan Ausburn (dalam Kozhevnikov, 2007) mengatakan bahwa gaya kognitif merepresentasikan cara individu dalam mengendalikan kemampuan kognitif. Gaya kognitif menjadi tiga ranah, yaitu gaya kognitif psikologis (field dependent dan field independent), (2) gaya kognitif konseptual tempo (impulsif dan reflektif), (3) gaya kognitif berdasar cara berpikir (intuitif-induktif dan logik deduktif). Penelitian ini meneliti tentang gaya kognitif secara konseptual tempo yang dihitung menggunakan MFFT yang dimodifikasi Warli (2010) dan ditinjau pengaruhnya terhadap tingkat kesalahan siswa. Tingkat kesalahan siswa yang dimaksud adalah kesalahan yang dianalisis menggunakan taksonomi SOLO pada materi Aljabar di SMP Negeri 7 Surabaya.

Data hasil MFFT dan analisis kesalahan melalui taksonomi SOLO diperoleh 34 siswa subjek penelitian dengan variabel independen (X) yang dilihat dari skor t melalui MFFT dan variabel dependen (Y) dilihat dari tingkat kesalahan siswa. Sebelum melakukan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan diperoleh data yang berdistribusi normal, memenuhi linearitas, dan heteroskedastisitas. Setelah memenuhi uji asumsi klasik, dilakukan uji regresi linear sederhana dengan hasil persamaan Y = 12,939 – 1,248 X, artinya semakin cepat waktu yang digunakan siswa untuk menyelesaikan sebuah soal, akan berpengaruh negatif terhadap tingkat kesalahan siswa. 

Referensi

Read More

Penulis

Sandha Soemantri
sandhasoemantri@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

No Related Submission Found