Peningkatan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Puzzle pada Anak TK B

Nina Veronica (1), Lutfiah Lutfiah (2)
(1) Prodi pendidikan anak usia dini Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas muhammadiyah surabaya, Indonesia,
(2) TK Dharma Wanita Sekargadung, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran permainan Puzzle dalam meningkatkan aspek kognitif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian sebanyak 19 anak kelompok B TK Dharma Wanita Pungging. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan kemampuan kognitif dari pratindakan ke siklus II meningkat dengan rata-rata 40,18 dan persentase sebesar 52,63%. Sehingga dapat disimpulkan aspek perkembangan kognitif anak meningkat melalui permainan puzzle.

Full text article

Generated from XML file

References

Andriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Astuti, Ni Made Ary., Parmiti, Desak Putu., Wirya, I Nyoman. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle Berbantuan Brain Gym untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini dalam e-journal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha. (online),(http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/2852), diakses 14 Januari 2015.

Azharona, Rizke. Widijoto, Heru. W, Retno Tri. 2013. Pengembangan Permainan Sirkuit Warna Warni Ceria Menggunakan Bahan Bekas Pada Pembelajaran Fisik Motorik Anak. Jurnal PAUD Kajian Teori & Praktik Pendidikan AUD. 1(1):31—37.

Harmini, Sri. Roebyanto, Goenawan. Winarni, Endang Setyo. 2005. Model Bermain Sebagai Upaya Meningkatkan Pehaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Dikelas III SDN Tlogomas II Kota Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (1):29—48.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Authors

Nina Veronica
veronicanina44@gmail.com (Primary Contact)
Lutfiah Lutfiah
Author Biography

Nina Veronica, Prodi pendidikan anak usia dini Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas muhammadiyah surabaya

Google Scholar ID:
https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ZIul2eoAAAAJ

SINTA ID:
http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6704655&view=overview

 

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

No Related Submission Found