Analisa Keterlambatan Proses Reparasi Kapal KM Dharma Ferry 9 Menggunakan Metode Time Cost Trade Off

Winda Amalia Herdianti (1), Dian Prasetyawati (2), Maulidi Setiawan (3)
(1) Department of Naval Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Department of Naval Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Department of Naval Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Reparasi kapal di galangan sangat penting untuk dilakukan karena tidak semua perbaikan dapat dilakukan di atas perairan khususnya jenis pekerjaan di bawah garis air. Dalam proses pembuatan, kapal harus melakukan docking di galangan kapal sehingga perlu dibuatkan jadwal perbaikan atau repair list agar proyek reparasi berjalan sesuai harapan. Namun permasalahan teknis maupun non teknis terkadang  membuat jadwal perbaikan di atas galangan menjadi lebih lama dari perkiraan awal sehingga harus dilakukan penelitian agar penyebab keterlambatan dapat diketahui dan mencari solusi untuk meminimalkan keterlambatan tersebut menggunakan metode perhitungan time cost trade off . Metode time cost trade off adalah metode dengan  menentukan penambahan jam kerja (lembur) maupun penambahan main power agar jadwal kapal di atas galangan seminimal mungkin mengalami keterlambatan dalam proyek reparasi tersebut. Dalam projek ini keterlambatan terjadi karena adanya keterlambatan material  dan dengan adanya simulasi dari metode ini, hasil terbaik yang didapatkan ialah projek menambahkan pekerja yang tadinya 8 menjadi 14 orang.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

BKI (Biro Klasifikasi Indonesia). (2005).Petunjuk dan Prosedur Survey: Pemilik Kapal, Operator, Galangan Kapal dan Pabrik Material/Komponen. Jakarta: PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

BKI. (2012).Peraturan Klasifikasi dan Konstruksi Kapal Baja Samudera. Peraturan Klasifikasi dan Survey. Jakarta: PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

Dhillon, B. S. (2002). Engineering Maintenance: A Modern Approach. Washington: CRC Press.

Hall, R. (1992). The Strategic Analysis of Intangible Resources. Strategic Management Journal, Vol. 13: 135-144.

Ma’ruf, B. (2002). Korelasi Antara Pendapatan Reparasi Kapal dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Laporan Teknis. PT. Dok dan Perkapalan Surabaya, Surabaya.

Ma’ruf, B., Widjaja, S., Suwignjo, P. (2005). Development of Strategy Formulation Model for Medium-Sized Shipyard. First International Conference on Operation and Supply Chain Management, Bali, 15-17 Desember.

Ma’ruf, B. (2006). Analisis Bidang Usaha Reparasi Kapal untuk Mengoptimalkan Pendapatan Industri Galangan Kapal (Study Kasus: PT Dok dan Perkapalan Surabaya). Jurnal Penelitian Enjiniring, UNHAS.

Penulis

Winda Amalia Herdianti
winda.herdianti@yahoo.com (Kontak utama)
Dian Prasetyawati
Maulidi Setiawan
Biografi Penulis

Winda Amalia Herdianti, Department of Naval Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Program Studi Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dian Prasetyawati, Department of Naval Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Program Studi Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Herdianti, W. A., Prasetyawati, D., & Setiawan, M. (2023). Analisa Keterlambatan Proses Reparasi Kapal KM Dharma Ferry 9 Menggunakan Metode Time Cost Trade Off. MINE-TECH: Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology, 2(2), 10–19. https://doi.org/10.30651/mine-tech.v2i2.19087

Rincian Artikel

No Related Submission Found