Rancang Bangun Alat Oil Purification dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment guna Peningkatan Keunggulan Bersaing UMKM Kota Surabaya

Mohammad Alfiyan (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Minyak kelapa  sawit adalah minyak alami  yang didapatkan dengan cara mesocarp  pohon kelapa sawit. Minyak ini memiliki banyak manfaatnya salah satu dari pemanfaatan minyak yang berasal dari  kelapa sawit  adalah sebagai bahan baku minyak goreng. Sisa dari penggorengan biasanya disebut minyak jelantah. Minyak jelantah adalah minyak yang telah rusak yang tinggi kandungan minyak tak jenuhnya. Minyak ini menjadi materi yang membahayakan tubuh karena dapat menimbulkan penyakit dan mencemari lingkungan. Pemurnian minyak goreng merupakan tindakan yang dapat mencegah dan mengurangi kandungan peroksida, bilangan asam, dan kandungan air. Pemurnian minyak dilakukan  dengan menggunakan bahan tambahan  adsorben yaitu bahan yang dipadatkan yang dapat menyerap zat ataupun molekul  tertentu pada materi cair. Bahan adsorben yang sering digunakan antara lain: arang kayu, arang bonggol jagung, ampas tebu, dan lain lain. Pembuatan rancang bangun alat pemurnian minyak diawali dengan menentukan atribut dengan seleksi  menggunakan metode IPA. Selanjutnya akan dilakukan proses Quality Fuction Development dilakukan untuk menentukan fokus utama dalam perancangan alat yang berdasarkan dari kepuasan pelanggan yang diperoleh dari kuisioner yang disebar pada UMKM yang menggunakan minyak goreng dalam proses bisnisnya di Surabaya. Berdasarkan pada analisa QFD  terdapat empat atribut yang menjadi fokus antara lain keamanan dan kenyamanan produk, harga terjangkau, berfungsi dengan baik, dan mudah dalam melakukan perawatan. Dari empat atribut tersebut dijadikan input untuk pengembangan rancangan bangun alat oil purification ini.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

F. C. Hidayati, “Pemurnian minyak goreng bekas pakai (jelantah) dengan menggunakan arang bonggol jagung,†JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, pp. 67–70, 2016.

D. R. Al Qory, Z. Ginting, and S. Bahri, “PEMURNIAN MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN KARBON AKTIF DARI BIJI SALAK (Salacca Zalacca) SEBAGAI ADSORBEN ALAMI DENGAN AKTIVATOR H2SO4,†J. Teknol. Kim. Unimal, vol. 10, no. 2, pp. 26–36, 2021.

N. Noriko, D. Elfidasari, A. T. Perdana, N. Wulandari, and W. Wijayanti, “Analisis penggunaan dan syarat mutu minyak goreng pada penjaja makanan di food court UAI,†J. Al-azhar Indones. seri sains dan Teknol., vol. 1, no. 3, pp. 147–154, 2012.

A. Prihanto and B. Irawan, “Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Mandi,†Metana, vol. 14, no. 2, pp. 55–59, 2018.

E. Pardede, “Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Adsorben Berbasis Cangkang Telur,†J. Atmos., vol. 1, no. 1, pp. 8–16, 2020.

A. F. Ramdja, L. Febrina, and D. Krisdianto, “Pemurnian minyak jelantah menggunakan ampas tebu sebagai adsorben,†J. Tek. Kim., vol. 17, no. 1, 2010.

R. Paputungan, S. Nikmatin, A. Maddu, and G. Pari, “Mikrostruktur Arang Aktif Batok Kelapa Untuk Pemurnian Minyak Goreng Habis Pakai,†J. Keteknikan Pertan., vol. 6, no. 1, pp. 69–74, 2018.

S. Sukmawati, S. A. P. Astuti, and E. Yandani, “Pengembangan Aplikasi Konsultasi Alat Kontrasepsi Berbasis Android Sebagai Antisipasi Baby Boom Masa Pandemi Covid-19,†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 1, pp. 386–390, 2022.

Andre Ridho Saputro et al., “Pengembangan Produk Berbasis Qcdsm Guna Peningkatan Keunggulan Bersaing Studi Kasus Umkm Tenun Ikat Kota Kediri,†2018.

R. Ambarwati, A. Saputro, and A. G. Fathurochman, “Product Development for Competitive Advantage of Micro, Small, and Medium Enterprises of Ikat Woven Fabric in Kediri,†Binus Bus. Rev., vol. 10, no. 2, pp. 75–86, 2019.

D. L. Trenggonowati, “Metode pengembangan produk qfd untuk meningkatkan daya saing perusahaan,†Spektrum Ind., vol. 15, no. 1, p. 1, 2017.

H. Ponda, N. F. Fatma, and N. Kadir, “PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK BODY MIST (STUDI KASUS PERUSAHAAN PARFUM).â€

Penulis

Mohammad Alfiyan
mohammadalfiyan99@gmail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Mohammad Alfiyan, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surabaya
Alfiyan, M. (2023). Rancang Bangun Alat Oil Purification dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment guna Peningkatan Keunggulan Bersaing UMKM Kota Surabaya. MINE-TECH: Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.30651/mine-tech.v1i1.16568
##submission.license.notAvailable##

Rincian Artikel