Isi Artikel Utama

Abstrak

Pelaksanaan praktikum fisika mengalami banyak hambatan pada era pembelajaran daring. Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan praktikum fisika dalam pembelajaran daring bagi guru SMA/MA menggunakan aplikasi Tracker Analisys and Modeling Tool. Tahapan pengabdian terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan pendampingan, serta evaluasi. Tahap persiapan dilaksanakan melalui Focus Group Discussion (FGD). Tahap Pelaksanaan dilaksanakan melalui workshop atau pelatihan secara daring menggunakan zoom meeting. Tahap ini juga dilaksanakan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran praktikum daring dan praktik langsung menggunakan Tracker Video Analisys and Modeling Tool. Hasil dari pengabdian ini peserta memperoleh materi tentang strategi pelaksanaan praktikum daring, perangkat pembelajaran praktikum daring, pengenalan aplikasi tracker, dan pemanfaatan aplikasi tracker untuk analisis gerak benda. Peserta melaksanakan simulasi praktikum daring dengan laboratorium virtual, menyusun LKPD, dan melaksanakan praktikum berbasis video dengan aplikasi tracker. Pelatihan dinyatakan berhasil dengan adanya peningkatan pemahaman materi dari peserta sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Pengabdian dapat dilanjutkan pada materi fisika lain serta memperdalam terhadap penyusunan LKPD berorientasi keterampilan 4C dan high order thingking skill.

Kata Kunci

pelatihan praktikum fisika aplikasi tracker pembelajaran daring

Rincian Artikel

Referensi

  1. Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AERA-D-American Educational Research Association’s Division, Measurment and Research Methodology: Dept." Of Physics Indiana University.
  2. Negoro, R. A., Hidayah, H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2018). Peta Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3, 45–51.
  3. Noor, Y. A., Putra, N. M. D., Nugroho, S. E., Marwoto, P., Mindyarto, B. N., Linuwih, S., Sugiyanto, S., Adhi, M. A., Muttaqin, R., Sakti, W., Prayitno, W., & Minhat, M. (2020). Praksis Praktikum Fisika Mode Daring : Studi Kasus Pembelajaran di SMA / MA Jawa. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 276–283.
  4. Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 53(9), 1689–1699.
  5. Rahmatullah, R., & Tamami, F. (2020). Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran Online Fisika SMA Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of STEM Education, 2(2), 71–83. https://journal.publication-center.com/index.php/ijse/article/view/145%0A %0A
  6. Ramadhanti, D., Kuswanto, H., & Azalia, A. (2021). Penggunaan Analisis Video Gerak Kucing Melompat Berbantuan Aplikasi Tracker Sebagai Kegiatan Praktikum Mandiri Materi Gerak Pada Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 459–470. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.20547
  7. Rizki, I. A., Citra, N. F., Saphira, H. V., Setyarsih, W., & Putri, N. P. (2021). Eksperimen Dan Respon Mahasiswa Terhadap Praktikum Fisika Non-Laboratorium Menggunakan Aplikasi Tracker Video Analysis Untuk Percobaan Kinematika Gerak. Journal of Teaching and Learning Physics, 2, 77–89.
  8. Saputri, A. A. (2021). Student Science Process Skills through the Application of Computer Based Scaffolding assisted by PhET Simulation. At-Taqaddum, 13(1), 21–38.
  9. Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Melingkar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146
  10. Sari, S. S., Amin, B. D., & Hasyim, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Desain Praktikum Sederhana bagi Kelompok MGMP IPA SMP di Kabupaten Takalar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada …, Ki 4, 1124–1128. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/21094
  11. Setyaningrum, R., Sriyono, & Ashari. (2013). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Sma Negeri Kabupaten Purworejo. Radiasi Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 83–86.
  12. Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
  13. Suminarsih. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) berbantuan Media Laboratoriun Maya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Orbith, 16(3), 204–216.
  14. Wati, S., Halim, A., & Mustafa. (2020). The impact of the media tracker on student critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012139