FKIP UMSurabaya

Pengaruh Porogapit Card Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di SDN 02 Sukoanyar Pakis

Rio Febrianto Arifendi, Natasha Pramudita Irianti

Sari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daripenggunaan porogapit card untuk meningkatkan minat belajar matematika terutama pada topik pembagian, dengan melihat perspektif siswa selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D), terbatas hingga tahap implementasi, menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol postest only. Instrumen kuesioner yang dimodifikasi oleh Mathew Mitchell, dengan melihat aspek perhatian dan perasaan senang. Populasi yang digunakan adalah semua kelas 5 SDN 02 Sukoanyar yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas terdiri dari 28 siswa untuk menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan porogapit card, dan yang lainnya terdiri dari 26 siswa untuk kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah kuisioner dan postes minat belajar. Dari percobaan, ada 14 siswa dengan minat tinggi (64,13 ≤ x <71,33) dan 14 siswa dengan kriteria sangat tinggi (71,33 ≤ x). Hasil ini didukung dengan korelasi data postes. Berdasarkan analisis data, pembuatan porogapit card layak digunakan di tingkat SD kelas 5 untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa.

Kata Kunci

pengaruh; porogapit card; minat belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aloraini, S. (2012). The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University. Journal of King Saud University - Languages and Translation, 24(2), 75–82. doi:10.1016/j.jksult.2012.05.002.

Dohaney, J., Brogt, E., Wilson, T. M., & Kennedy, B. (2017). Using Role-Play to Improve Students’ Confidence and Perceptions of Communication in a Simulated Volcanic Crisis. Observing the Volcano World, 691–714. doi:10.1007/11157_2016_50

Dündar, Ş., Güvendir, M.A., Kocabıyık, O.O., & Papatga, E. 2014. Which elementary school subjects are the mostlikeable, most important, and the easiest? Why?: Astudy of science and technology, mathematics, socialstudies, and Turkish. Educational Research and Reviews. Vol. 9(13), pp 417-428, 10 July, 2014DOI: 10.5897/ERR2014.1755

Hidi, S. (2001). Interest, Reading, and Learning: Theoretical and Practical Consideration. Educational Psychology Review. 13 (3), 191-209.

Hoque, E. 2018. Memorization: A Proven Method of Learning. International Journal of Applied Research. Vol.22, pp142-150

Keller, J. M. (2009). The Arcs Model of Motivational Design. Motivational Design for Learning and Performance, 43–74. doi:10.1007/978-1-4419-1250-3_3

Laurillard, D. (1993). Balancing the Media: Learning, Media and Technology. Journal of Educational Television. 19 (2), 81-93.

Liaw, S.-S., Huang, H.-M., & Chen, G.-D. (2007). Surveying instructor and learner attitudes toward e-learning. Computers & Education, 49(4), 1066–1080. doi:10.1016/j.compedu.2006.01.001

McCarthy, J. (2014). Learner Interest Matters: Strategies for Empowering Student Choice. Available at: https://www.edutopia.org/blog/differentiated-instruction-learner-interest-matters-john-mccarthy (22 April 2020).

Mitchell, M. (1993). Situational interest: Its multifaceted structure in the secondary school mathematics classroom. Journal of Educational Psychology, 85(3), 424–436. doi:10.1037/0022-0663.85.3.424

Wigfield, A., & Cambria, J. (2010). Students’ achievement values, goal orientations, and interest: Definitions, development, and relations to achievement outcomes. Developmental Review, 30(1), 1–35. doi:10.1016/j.dr.2009.12.001.

Zhu, B., & Zhou, Y. (2012). A Study on Students’ Affective Factors in Junior High School English Teaching. English Language Teaching, 5(7). doi:10.5539/elt.v5n7p33.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i3.4899

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.