FKIP UMSurabaya

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Sri Setyaningsih, Rusijono Rusijono, Ari Wahyudi

Sari

Tujuan penelitian ini adalah mencari pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Ekseperimen dengan desain Pretest Postest Nonequivalent Control Group Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol di SDN Gubeng I/204 Surabaya. Berdasarkan analisis data motivasi belajar siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan 60% dari pada kelas kontrol, begitu juga hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang mengalami kenaikan 70% menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis  articulate storyline dibanding kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional tanpa penggunaan media pembelajaran. Dari analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storylineterhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD.

 

Kata Kunci

Media pembelajaran, Articulate storyline, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amiroh. 2019. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Andic, A. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1).

Chotimah, U. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 5(1), 52-65.

Darmawan, Deni. 2016. Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hazar, Zekihan. 2019. An Analysis of the Relationship between Digital Game Playing Motivation and Digital Game Addiction among Children. Asian Journal of Education and Training. 5(1), 31-38

Kartikasari, G. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia: Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77

Lasmawan, W. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran E-learning mata kuliah wawasan pendidikan dasar, Telaah kurikulum pendidikan dasar, pendidikian ips Sekolah dasar, perspektif global dan Problematika pendidikan dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1).

Pratama, R. A. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Articulate storyline 2 pada Materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. jurnal dimensi, 7(1).

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. 2014. Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Ratumanan, Tanwey Gerson., dan Laurens, Ttheresia. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan.Yogyakarta: Pensil Komunika.

Sardiman. 2006. Interkasi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi,R&D dan penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Sutiarso, S., & Coesamin, M. 2018. The Effect of Various Media Scaffolding on Increasing Understanding of Students' Geometry Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95-102.

Yuwanto, Listyo. 2019. Metode Penelitian Eksperimen. Yogyakarta: Graha Ilmu.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.