Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengelompokan Hewan
Abstrak
Pembelajaran IPA yang dilakukan di SD seharusnya membuka kesempatan siswa untuk memupuk rasa ingin tahunya secara alami. Dimana nantinya hal ini akan membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban berdasarkan bukti yang mereka dapat, tidak sejalan dengan teori tersebut, nerdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV pada tanggal 11 September 2018, peneliti dapat memperoleh informasi bahwa nilai yang didapat saat penilaian harian pembelajaran IPA cenderung di bawah KKM yakni <70 sebanyak 70%. Hal ini disebabkan pada saat pembelajaran IPA berlangsung siswa cenderung merasa bosan, bermain sendiri dan tidak memperhatikan guru karena pembelajaran yang di terapkan oleh guru tidak dapat menarik minat siswa karena guru menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan benda konkret. Karena seharusnya di dalam pembelajaran IPA diharuskan untuk menggunakan benda konkret dan melalui pengalaman langsung.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA khususnya materi pengelompokan hewan pada kelas V di SDN Wage II. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, siklus I dilakukan pada tanggal 3 September 2018 sedangkan siklus ke II dilaksanakan pada 12 September 2018 dengan jumlah siswa 27 siswa, dengan komposisi laki-laki sebanyak 11 siswa dan 16 siswa perempuan. Dari analisis yang telah dilakukan peneliti didapat hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 26% yang pada siklus I mencapai 51% sedangkan pada siklus II mencapai 77%, dan nilai rata-rata mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 61 dengan 14 siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat sebanyak 82 dengan 21 siswa yang tuntas. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi pengelompokan hewan dan dapat diterapkan di sekolah pada saat pembelajaran.
Artikel teks lengkap
Referensi
Agustina, E. T. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membuat Produk Kria Kayu Dengan Peralatan Manual. Economic Education Analysis Journal, IX(1), 17–28.
Akhiriyah, D. Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang (Aplicating Snowball Throwing Model For Improving The Ocial Intructional At Fifth, SDN Kalibanteng Kidul . Jurnal KREATIF, Kependidikan Dasar, 1(2), 206–219.
Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : gava media.
Jalil, J. (2014). Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Rahman, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada SDN No. 1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Tadulako, 5(4), 154–167.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Setiawan, R. (2017). Penilaian Tindakan Kelas (Action Research). Yogyakarta: Parama Publishing.
Yuliati. (2015). Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Peluang, 3(2), 65–78.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.