FKIP UMSurabaya

Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar

Musfirati Khasanah

Sari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan handout pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X Program Keahlian Multimedia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen pretest posttest dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian diperoleh (1) rata-rata hasil belajar kelas X MM 1 dalam ranah kognitif sebesar 70,303 dan ranah psikomotorik sebesar 70,303, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas X MM 2 dalam ranah kognitif sebesar 79,375 dan ranah psikomotorik sebesar 77,031 (2) Hasil uji t dalam ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan Creative Problem Solving sebesar 0,028. Hasil uji t dalam ranah psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation sebesar 0,046 dan Creative Problem Solving sebesar 0,045. Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat perbedaan dalam ranah psikomotorik diantara keduanya.

Kata Kunci

Group Investigation, Creative Problem Solving, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke 14. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Irwan, N., Sani, R.A. 2015. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Vol (4) No 1. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/120403-ID-none.pdf

Isaksen, S.G., Dorval, K.B., Treffinger, D.J. 2000. Creative Problem Solving: An Introduction. Tersedia di: http://www.creativelearning.com-/PDF-/CPS-Version61.pdf

Lestari, N.M. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Group Investigation (GI) pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Multimedia (MM) di SMKN 12 Malang. Malang : PTI UM

Mayasari, P., Halim, A., Ilyas, S. 2013. Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Vol (1) No 1. Tersedia di http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/

JPSI/article/view/983

Mutiara, C. & Suyanto, E., Abdurrahman.2014. Pengaruh Kinerja Belajar pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar. Vol (2) No 6. Tersedia di http://webcache.googleusercontent.com/search?

q=cache:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/5906

Purnamasari, O.I & Putro, S.C. 2012. Pengaruh Faktor Keaktifan dan Variasi Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Dasar Pemrograman Pascal. Vol (17) No.1. Tersedia di journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/

view/3365/4336

Putro, S.C. & Desynatria, W. 2016. Interaksi antara Faktor Inisiatif dengan Faktor Penerapan Model Konstruktivistik Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Teknologi pada Siswa SMK. Vol 26 No 2. Tersedia di http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/8274/3805

Sukakara, B. 2017. Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII di MTs Al-Istiqomah Rungus Kabupaten Madiun. Malang : PTI UM

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabet

Supriadie, D., Darmawan, D. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Totiana, F., Susanti, E., Redjeki, T. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Vol (1) No 1. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id/

index.php/kimia/article/view/1156/1387

Wildanisnaini, Susanti, E., Haryono, H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Vol (4) No 1. Tersedia di https://anzdoc.com/fax-b9591d07fdde00808ad6d934f6de09f188122.html


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1564

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.