FKIP UMSurabaya

Pengembangan Media Pembelajaran SASA-AURA Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018

Abdul Rozak, Darmadi Unipma, Wasilatul Murtafi’ah

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kevalidan media pembelajaran SASA-AURA untuk meningkatkan prestasi peserta didik SMK Cendekia Madiun tahun ajaran 2017/2018,  (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran SASA-AURA untuk meningkatkan prestasi peserta didik SMK Cendekia Madiun tahun ajaran 2017/2018, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran SASA-AURA untuk meningkatkan prestasi peserta didik SMK Cendekia Madiun tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Riset and Development (R&D). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model penelitian dari Thiagarajan (1974) yakni 4D (Define, Desain, Development, dan Dissemination), namun dalam penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap Development. Instrumen penelitian yang digunakan yakni, lembar validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran SASA-AURA memenuhi aspek kevalidan dengan nilai kevalidan sebesar 82,78%.; (2) Media pembelajaran SASA-AURA memenuhi aspek kepraktisan dengan nilai kepraktisan untuk uji coba terbatas adalah sebesar 4,5 dan untuk uji coba lapangan 3,6225.; (3) Media pembelajaran SASA-AURA memenuhi tidak aspek keefektifan karena lebih dari 75% peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM. Saran kepada guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran berbasis program matematika untuk meningkatkan kemampuan visualisasi peserta didik, bagi peneliti sebagai referensi bagi para peneliti yang melakukan penelitian yang sejenis.

Kata Kunci

Media Pembelajaran, Nilai Mutlak, Geogebra

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Erlangga.

Darmadi, & Pratiwi, W. D. (2016). Profil Berpikir Visual Tahapan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri dengan Menggunakan Visualisasi. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2016 (hal. MP 581 - MP 588). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Handayani, I., Yuwono, I., & Madja, M. S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika UM.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika]]. Jember: Pena Salsabila.

Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Indonesia.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Murtafi'ah, W. (2014). Pengembangan LKS dengan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Life Skills Materi Bangun Ruang. Jurnal LPPM 2 (2), 20-31.

Pearson. (2014). The Learning Curve Education and Skill for Life. London: Pearson.

Proklamanto, A. R., & Rudhito, M. A. (2013). Efektifitas Pemanfaatan Program Geogebra pada Pembelajaran Matematika Dalam Upaya Membantu Pemahaman Materi Turunan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII (hal. 217). Salatiga: Fakultas Sains dan Matematika - Universitas Kristen Satya Wacana.

Rina Zazkis, E. D. (1996). Coordinating Visual and Analytic Strategies : A Study Of Students' Understanding Of The Group D4. Journal for Research in Mathematics Education, 435-457.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Kencana.

Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (2), 398-416.

Schleicher, A., & Echazarra, A. (2016). Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015 : Indonesia. OECD.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempegaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan . Bandung: CV. Alfabeta.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tambychik, T., & Meerah, T. S. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say? Procedia Social and Behavioral Sciences 8 , 142–151.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v18i1.1267

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.