Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Matematika Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Sefti Ika Wulansari (1), Chusnal Ainy (2), Endang Suprapti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Matematika masih menjadi pelajaran yang tidak diminati bagi sebagian besar siswa. Sehingga siswa kurang memiliki motivasi untuk mempelajarinya. Guru sebagai salah satu elemen utama yang berperan dalam kegiatan pembelajaran di kelas menjadi komponen penting sebagai pembangkit motivasi belajar siswa. Dengan menjadi sosok idola bagi para siswanya, prilaku guru seperti rasa cintanya terhadap matematika, semangatnya mengerjakan soal matematika dan prestasi yang ia dapat akan diaplikasikan siswa kedalam dirinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Siawa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabayaâ€. Dengan metode yang di gunakan adalah metode deskriptif  kuantitatif, karena penelitian ini akan menganalisa pengaruh yang diberikan dari Guru Matematika Idola di kelas X-1 hasil belajar siswa melalui motivasi belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika idola berpengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar matematika sebesar 71.4% dan sisanya 38.6% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian.

Full text article

Generated from XML file

References

Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta.

Dimyati. 2012. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip Semarang.

Gulo, M. 2002. Metodologi Penelitian. Pt. Grasindo Jakarta

Hamalik, Omar. 2000. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Isro’iyah, Nur Laili. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 13 Surabaya Kelas VIII Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization): UMS. Skripsi tidak dipublikasikan.

Jalaludin. 2001. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Margono, Bambang Dwi. 2010. Profil Guru Idola dan Pengaruhnya dalam Proses Pembelajaran Siswa pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Polan Harjo Kabupaten Klaten: UMS. Skripsi tidak dipublikasikan.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Romadhon, Bayu. 2014. Korelasi Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Tkj (Teknik Komputer Jaringan) 1 Smk Pgri Kota Mojokerto: UMSurabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoffan. Shoffa. 2013. Kontribusi Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Secara Tidak Langsung Melalui Kinerja Karyawan Di Universitas Muhammadiyah Surabaya: UMS. Tesis tidak dipublikasikan.

Soemantri, Sandha. 2012. Korelasi Antara Komposisi Peserta Tes Dengan Kecemasan Siswa, SertaPengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika: UMSurabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.

Susanto, Amin. 1999. Pembelajaran Sains dan Aplikasinya.Jakarta: UNJ Press.

UURI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Citra Umbara: Bandung

Wiasworo, Erwin. 2014. Rahasia Menjadi Guru Idola.Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.

Authors

Sefti Ika Wulansari
sefti.light@gmail.com (Primary Contact)
Chusnal Ainy
Endang Suprapti
Wulansari, S. I., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Matematika Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 103–114. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.531

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.