Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Marissa Yuliana (1), Wahyuni Suryaningtyas (2), Shoffan Shoffa (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantifatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil nilai uji t satu pihak, diperoleh posttest 1 dengan  dan posttest 2 dengan  maka  diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dengan metode mnemonik berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, (2) Hasil presentase angket respon siswa diperoleh bahwa (pada pernyataan angket positif) 29,4% siswa Sangat Setuju dan 61,3% siswa Setuju dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode mnemonik pada pelajaran matematika dengan materi Trigonometri, ini berarti banyak siswa pada kelompok kelas eksperimen merespon baik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mnemonik dikelas.

Full text article

Generated from XML file

References

Alya, Qonita. 2009. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Anggota IKAPI: PT Indah Jaya Adipratama

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Asmarani, Kartika. 2013. Efektifitas Metode Mnemonik Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Satu Atap Sluke Pada Mata Pelajaran Sejarah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Degeng, S.Nyoman.2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung: Kalam Hidup.

Dewanti, Reivani Ayuning. 2014. Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Jember: Universitas Jember.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Fathurohman, Pupuh. dan M. Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gordon, Barry dan Lisa Berger. 2006. Memori Inteligen. Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Ali. dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Mahfudz, Rosa Safurah. 2010. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E.S. 2006. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Macanan Jaya Cemerlang.

Solso, Robert L., Otto H.M., dan M. Kimberly.M. 2007. Psikologi Kognitif. Erlangga.

Stine, Jean Marie. 2003. Meningkatkan Daya Ingat Anda Dengan Menggunakan Seluruh Otak Anda. Jakarta: Gramedia.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, Mohammad. 2012. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Uzer. 2006. Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Authors

Marissa Yuliana
marissa.yuliana19@gmail.com (Primary Contact)
Wahyuni Suryaningtyas
Shoffan Shoffa
Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 142–164. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.530

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.