Efektivitas Penggunaan Porogapit Card dalam Pemahaman Penyelesaian Soal Pembagian dan Motivasi Belajar Siswa di Tingkat Sekolah Dasar

Rio Febrianto Arifendi (1), Nathasa Pramudita Irianti (2)
(1) universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia,
(2) universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Porogapit Card untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal pembagian selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D), terbatas hingga tahap implementasi dan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan satu kelompok pretest-posttest. Instrumen motivasi adalah kuesioner yang dimodifikasi oleh Keller dengan model ARCS, terdiri dari 4 aspek termasuk perhatian, relevansi, kepercayaan diri, dan kepuasan. Populasi adalah semua siswa dari kelas 5 SDN 1 Sidorejo, Pakis. Posttest diadakan untuk mengetahui motivasi dan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal pembagian dengan menggunakan Porogapit Card. Data dikumpulkan dari angket motivasi dan tes. Setelah menggunakan Porogapit Card, terdapat 14 siswa dengan kriteria motivasi tinggi (71,91 ≤ x <86), 21 siswa dengan kriteria motivasi menengah (57,82 ≤ x <71,91), dan 3 siswa dengan kriteria motivasi rendah (43,74 ≥ x), dan 84,2% siswa lulus dalam menyelesaikan soal pembagian. Berdasarkan analisis data, Porogapit Card layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan bagi anak kesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alavi, M., & Leidner, D. E. (2001). Research commentary: technology-mediated learning—a call for greater depth and breadth of research. Information Systems Research, 12(1), 1-10. http://doi.org/10.1287/isre.12.1.1.9720.

Benbunan-Fich, R., & Hiltz, S. R. (2003). Mediators of the effectiveness of online courses. IEEE Transactions on Professional Communication, 46(4), 298-312. http://doi.org/10.1109/tpc.2003.819639.

BSNP. (2006). Permendiknas RI no. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta.

Camos, V., & Baumer, J. (2015). Why is it so hard to solve long divisions for 10-year-old children? International Journal of School and Cognitive Psychology, S2: 007. http://doi.org/10.4172/2469-9837.1000S2-007.

Dohaney J., Brogt E., Wilson T.M., Kennedy B. (2017). Using role-play to improve students’ confidence and perceptions of communication in a simulated volcanic crisis. In: Fearnley C.J., Bird D.K., Haynes K., McGuire W.J., Jolly G. (eds) Observing the Volcano World. Advances in Volcanology (An Official Book Series of the International Association of Volcanology and Chemistry of the Earth’s Interior – IAVCEI, Barcelona, Spain). Springer, Cham. http://doi.org/10.1007/11157_2016_50.

Dündar, Ş., Güvendir, M.A., Kocabıyık, O.O., & Papatga, E. (2014). Which elementary school subjects are the most likeable, most important, and the easiest? why?: a study of science and technology, mathematics, social studies, and Turkish. Educational Research and Reviews, 9(13), 417-428. http://doi.org/10.5897/ERR2014.1755.

Hoque, E. (2018). Memorization: a proven method of learning. International Journal of Applied Research, 22, 142-150.

Keller, J. M. (2009). The arcs model of motivational design. In: Motivational design for learning and performance. Boston: Springer. http://doi.org/10.1007/978-1-4419-1250-3_3.

Liaw, S.-S., Huang, H.-M., & Chen, G.-D. (2007). Surveying instructor and learner attitudes toward e-learning. Computers & Education, 49(4), 1066-1080. http://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.01.001.

Nurhayati, N., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2017). Efforts to improve student’s self confidence using collaborative learning model. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 57-62. http://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.223.

Setyono, A. (2007). Mathemagic cara genius belajar matematika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wigfield, A., & Cambria, J. (2010). Students’ achievement values, goal orientations, and interest: definitions, development, and relations to achievement outcomes. Developmental Review, 30(1), 1-35. http://doi.org/10.1016/j.dr.2009.12.001.

Authors

Rio Febrianto Arifendi
rioarifendi@gmail.com (Primary Contact)
Nathasa Pramudita Irianti
Author Biography
Arifendi, R. F., & Irianti, N. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Porogapit Card dalam Pemahaman Penyelesaian Soal Pembagian dan Motivasi Belajar Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.4848

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.