Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model MMP pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Warugunung tahun pelajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas III A SDN Warugunung dapat ditingkatkan dengan menggunakan model MMP. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 5 % dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 17 %. Pembelajaran melalui model pembelajaran MMP diharapkan dapat dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
http://local.sman3sda.sch.id/download/download/ebook/BUku/buku%20matematika/STRATEGIPEMBELAJARANMATEMATIKA.pdf. di akses 16 Mei 2012.
Najih, Ahmad T. 2012. Meningkatkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI. Mamba’ul Ulum Galang Tahun Pelajaran 2011-2012 Melalui Penggunaan Komik. Skripsi. Surabaya: UMSurabaya. Tidak dipublikasikan.
Purwanita, Yuliati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Upaya Meningkatkan Penalaran Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Skripsi. Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=4051. di akses 6 Februari 2013.
Rohaeti, Ai. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Skripsi. Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=5444. di akses 6 Februari 2013.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.