Penggunaan Puzzle Tangram untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bangkalan pada Materi Keliling dan Luas Segiempat
Abstrak
Media pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi siswa masih sangat jarang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Media pembelajaran puzzle tangram sampai saat ini masih digunakan terbatas sebagai media pembelajaran di satuan tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Padahal media ini dapat diterapkan di satuan pendidikan yang lebih tinggi misal di Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran puzzle tangram terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar persentase peningkatan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi beberapa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan sebanyak 24 siswa dengan 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran puzzle tangram untuk materi keliling dan luas segi empat. Terlihat dari hasil evaluasi siklus I dan siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 6,62%.
Â
Artikel teks lengkap
Referensi
Agustin, Dini. 2011. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Bantuan Teman Sejawat. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: NUANSA
Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG)
Sadiman, Arief dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. 2010. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya : Surabaya Intellectual Club Priyana, Joko. Program-program Unggulan Kelas Bilingual. http://www.smpn1bantul.net/profil/visi-danmisi/program=unggulan/pendahuluan/ (diakses tanggal 7 Januari 2013)
http://syukronsahara.blogspot.com/2011/05/penggunaan-media-games-puzzle.html (diakses tanggal 6 Januari 2013)
http://www.artikata.com/arti-147115-puzzle.html (diakses tanggal 6 Januari 2013)
(http://adekaedutoysandcraft.com/?page_id=337) (diakses tanggal 7 Januari 2013)
www.KamusBahasaIndonesia.org (link pencari arti kata secara online diakses tanggal 6 Januari 2013)
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.