Identifikasi Disiplin Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan
Abstrak
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi disiplin belajar mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Borneo Tarakan. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh, mahasiswa yang memiliki kategori disiplin belajar sangat tinggi yaitu sebesar 19% atau sebanyak 11 mahasiswa, dan mahasiswa yang memiliki disiplin belajar pada kategori sedang yaitu sebesar 47% atau sebanyak 27 mahasiswa, sedangkan mahasiswa yang memiliki disiplin belajar pada kategori rendah sebesar 14% atau sebanyak 8 mahasiswa, dan mahasiswa yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebesar 4% atau sebanyak 2 mahasiswa.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aswar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. (2013). Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Manik, M., & Mukhtar. (2017). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas VIII SMP negeri 1 Ajibata. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 92-101. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8906.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiental matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332.
Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV. Alvabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supardi, U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.
Unengan, I. R., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Implementasi model kooperatif TGT dengan media ludo math untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 113-126. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.21.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.