Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Kelas V SD Berbasis Etnomatematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika kelas V SD berbasis etnomatematika. Penelitian dilakukan pada SD dan MI di wilayah Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Develompment atau R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: pertama tahap analysis yaitu menentukan potensi, masalah, dan solusi yang tepat serta menentukan kompetensi peserta didik melalui analisis kebutuhan; kedua tahap design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, tingkah interaksi, dan prosedur evaluasi; ketiga tahap development yaitu melakukan pembuatan media pembelajaran berdasarkan indikator etnomatematika; keempat tahap implementation yaitu dengan menerapkan desain pembelajaran yang dikembangkan pada kondisi yang sebenarnya; dan kelima tahap evaluation yaitu melakukan penilaian produk oleh pakar atau ahli (pengembangan, media, dan materi) dan pengguna (guru dan peserta didik). Hasil dari penelitian ini adalah desain pembelajaran matematika berupa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika bagi peserta didik kelas V SD/MI. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, maka saran atau rekomendasinya adalah guru dapat menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Full text article
References
Afandi, M., dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Development of Instructional Materials Based on Ethnomathematic in Mathematics Learning in Junior High School. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133-150.
Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keektifannya terhadap Sikap Peserta didik pada Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90-98.
Nasaruddin. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76.
Nusantara, T., & Rahardjo, S. (2017). Ethnomathematics In Arfak (West Papua-Indonesia): Numeracy of Arfak. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(9), 325-327.
Novianingsih, H. (2016). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-11.
Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 184-196.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhendri, H. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.
Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 31-40.
Sumianto. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (MPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Al-Azim SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Jurnal Basicedu, Journal of Elementary Education, 2(1), 49-56.
Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11(1), 312-330.
Vasquez, E. L. (2017). Ethnomathematics as An Epistemological Booster for Investigating Culture and Pedagogical Experience with The Young Offender or Prison School Communities. Journal of Educationand Human Development, 6(2), 117-127
Wijanarko, A. (2017). Pengembangan Media Apatar Satu pada Materi Satuan Waktu Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Universitas PGRI Yogyakarta
Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Games Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS3 pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science & Technology, 2(2), 165-177.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IBM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal DEDIKASI, 13(1), 39-49.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ