Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Amin Surabaya dengan Menggunakan Video Animasi pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas

Azizah Azizah (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP AL AMIN Surabaya melalui video animasi dapat meningkat, bagaimana peningkatan prestasi belajar yang diperoleh dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan video animasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP AL AMIN Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata matematika pada siswa kelas VIIIC SMP AL AMIN Surabaya dari 71,80 menjadi 75,8 pada siklus 1 dan 79,97 pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ke siswa. Hal ini nampak dari peningkatan nilai rata – rata yang diperoleh oleh siswa setelah dilakukan siklus pertama dan siklus kedua.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik Oemar. 2005. Pemanfaatan Media Visual.pdf.

Senjaya, Wina. 2008.b Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Supinah. 2008. Media Pembelajaran Matematika dan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suryabrata, Sumadi.2005. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstiruktuvistik. Surabaya : Prestasi Pustaka.

Authors

Azizah Azizah
azizah.shaalih@gmail.com (Primary Contact)
Azizah, A. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Amin Surabaya dengan Menggunakan Video Animasi pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/211

Article Details

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.