Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Amin Surabaya dengan Menggunakan Video Animasi pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP AL AMIN Surabaya melalui video animasi dapat meningkat, bagaimana peningkatan prestasi belajar yang diperoleh dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan video animasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP AL AMIN Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata matematika pada siswa kelas VIIIC SMP AL AMIN Surabaya dari 71,80 menjadi 75,8 pada siklus 1 dan 79,97 pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ke siswa. Hal ini nampak dari peningkatan nilai rata – rata yang diperoleh oleh siswa setelah dilakukan siklus pertama dan siklus kedua.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik Oemar. 2005. Pemanfaatan Media Visual.pdf.
Senjaya, Wina. 2008.b Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Supinah. 2008. Media Pembelajaran Matematika dan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Suryabrata, Sumadi.2005. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstiruktuvistik. Surabaya : Prestasi Pustaka.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ