Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Amin Surabaya dengan Menggunakan Video Animasi pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP AL AMIN Surabaya melalui video animasi dapat meningkat, bagaimana peningkatan prestasi belajar yang diperoleh dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan video animasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP AL AMIN Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata matematika pada siswa kelas VIIIC SMP AL AMIN Surabaya dari 71,80 menjadi 75,8 pada siklus 1 dan 79,97 pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ke siswa. Hal ini nampak dari peningkatan nilai rata – rata yang diperoleh oleh siswa setelah dilakukan siklus pertama dan siklus kedua.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik Oemar. 2005. Pemanfaatan Media Visual.pdf.
Senjaya, Wina. 2008.b Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Supinah. 2008. Media Pembelajaran Matematika dan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Suryabrata, Sumadi.2005. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstiruktuvistik. Surabaya : Prestasi Pustaka.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.