Penerapan Model Tournament Teams Strategy (TTSt): Alternatif Inovasi Pembelajaran Secara Online

Muhammad Taufiq Syarifudin (1), Puji Lestari (2)
(1) Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Indonesia,
(2) Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Indonesia

Abstract

Kondisi awal terjadinya pandemi Covid-19 banyak diperbincangkan, diantaranya dampaknya pada pembelajaran di sekolah. Perubahan pembelajaran yang semula sifatnya tatap langsung, bahkan tanpa melibatkan teknologi, kini berbanding terbalik yaitu harus melibatkan teknologi sebagai salah satu solusi memutus mata rantai penyebaran virus. Efektivitas pembelajaran daring masih saja dilakukan sebagai bentuk uji coba untuk melihat metode terbaik yang dapat dilakukan dengan memperhatikan lingkungan dan kondisi yang ada. Salah satu inovasi pembelajaran online yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model Tournament Teams Strategy (TTSt) berbasis whatsapp. Model ini merupakan hasil kolaborasi dari tiga model pembelajaran yang telah dikenal sebelumnya yaitu Student Team Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT). Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui respon siswa mengenai efektivitas implementasi model TTSt dalam pembelajaran secara online, pada mata pelajaran Matematika materi Integral. Subjek merupakan siswa kelas XI pada salah satu Madrasah Aliyah Negeri di KabupatenTasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket. Dengan menggunakan analisis gain ternormalisasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai siswa dengan interpretasi tinggi. Respon siswa terhadap model pembelajaran Tournament Teams Strategy (TTSt) memiliki interpretasi baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran TTSt dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran secara online.

Full text article

Generated from XML file

References

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70, https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.

Firman, F., & Rahman, S. R. (2020. Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Lestari, P. & Romdiani, N. S. (2018). The effectiveness of learning using card media to improve students' mathematical understanding ability. Jurnal Gantang, 3(1), 17-23. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.304.

Mustakim. 2020. Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al-asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36. Retrieved from http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Pamungkas, S. T. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Tulungagung: IAIN Tulungagung. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14706/.

Pitriana, P., Rochman, C., Nasrudin, D., & Setya, W. (2020). Pembuatan media pembelajaran VBA power point yang menarik, interaktif dan ekonomis pada masa pembelajaran jarak jauh. Karya Tulis Ilmiah Dosen. Tidak dipublikasikan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30695.

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamaludin, U. A. (2020). Penerapan model POE2WE berbasis blended learning google classroom pada pembelajaran masa WFH pandemic covid-19. Working Paper. Tidak dipublikasikan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30490/.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45-53. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran daring berbasis google classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah covid-19. Working Paper. Tidak dipublikasikan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/.

Wismayana, I. M. W. D. (2020). Pengaruh media pembelajaran kahoot! dengan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas X SMA negeri 1 Tejakula. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Retrieved from https://repo.undiksha.ac.id/1415/.

Authors

Muhammad Taufiq Syarifudin
muhammadtaufiqsyarifudin@gmail.com (Primary Contact)
Puji Lestari
Syarifudin, M. T., & Lestari, P. (2021). Penerapan Model Tournament Teams Strategy (TTSt): Alternatif Inovasi Pembelajaran Secara Online. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.5343

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.