Implementasi Metode Skrip Kooperatif dengan Pemanfaatan Media “BEBIBULAN” dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Wahid Hasyim Prambon-Sidoarjo

Jummatul Atiqo (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dengan metode skrip kooperatif dengan pemanfaatan media “BEBIBULANâ€. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo. Sedangkan kelas VII-B sebagai kelas uji data untuk menegtahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode skrip kooperatif. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73,02 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 83,63.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hayardin. 2006. Model-model kooperatif. (http://www.smansatase.sch.id/index.php/component/content/article/57-artpend/72-hakmat diakses 3 Januari 2013)

Junaidi. 2007. Pembelajaran matematika. (http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/06/pembelajaran-matematika.html diakses 28 Januari 2013)

Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran – sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) press. Tidak dipublikasikan.

Pradina.2009. membuat media pembelajaran. (http://kabarmingguan.blogspot.com/2012/12/membuat-media-pembelajaran-dari-botol.html diakses 3 Februari 2013)

Pramudya, Giri. 2009. Implementasi metode inkuiri berbantuan media “BEBIBULAN†dalam meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa SMPN 2 Tanggul Jember.PTK. Jember.

Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sudrajat. 2008. Mahir Mengembangkan kemampuan Matematika untuk SMA/SMK/MA sederajat (BSE).Jakarta : Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.

Suprijono, Agus, N.Si. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Authors

Jummatul Atiqo
zummatulatiqo@ymail.com (Primary Contact)
Atiqo, J. (2016). Implementasi Metode Skrip Kooperatif dengan Pemanfaatan Media “BEBIBULAN” dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Wahid Hasyim Prambon-Sidoarjo. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/210

Article Details

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.