Aplikasi Pemberian Konsep Disertai Umpan Balik dalam Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya Tahun Ajaran 2012-2013
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya setelah pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan, (2) Mendeskripsikan respon siswa kelas X Multumedia SMK GIKI 1 Surabaya setelah pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan. Penelitian ini dilakukan di SMK GIKI 1 Surabaya. Bentuk penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang hasilnya disajikan dalam bentuk analisa kuantitatif. Materi dalam penelitian ini logika matematika. Subjek penelitian ini siswa kelas X-MM 5. Data dalam penelitian ini adalah hasil pretest, posttest dan respon siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Prestasi belajar siswa mengalami perkembangan saat pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan pada materi logika matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan rata-rata kelas sebesar 65,75 menjadi 81,03, dan penuruan varian dari 237 menjadi 119, (2) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pemberian konsep diserti umpan balik sangat positif. Karena siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran matematika.
Artikel teks lengkap
Referensi
Dihardjo, Wudjud S. 1994. Hubungan Antara Inteligensi, Kemampuan Menalar Dan Penguasaan Konsep Dalam Matematika, Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Matematika Siswa SMAN Kelas II A1 dan II A2 di Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 1993 – 1994 . Surabaya : Pendidikan Matematika IKIP Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan.
http://pustakahaura.wordpress.com/2011/05/22/konsep-dalam-matematika/ diakses tanggal 16 Februari 2013
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLTK.
Purwanto. 2007.Instrumen Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saliman, dan Sudarsono. 1994. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum .Jakarta; Rineka Cipta.
Silverius, Suke. 1999. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta : PT Grasindo.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sukino. 2007. Matematika Jilid 1B untuk Kelas X SMA. Jakarta : Erlangga
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.