Penerapan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Balok Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran matematika materi pokok balok siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan rancangan true experimental design yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain dalam kondisi yang terkontrol. Untuk pembanding digunakan kelas kontrol yang diharapkan dapat mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam materi bangun ruang balok. Berdasarkan hasil analisis data, uji kesamaan dua rata-rata data postes dengan menggunakan uji Independent Samples Test Posttest dengan SPSS Ver.16, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil thitung = 4,314 dan ttabel = 2,66. Berarti ttabel ≤ thitung. Dengan demikian H0 ditolak. Jika H0 ditolak maka H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan prestasi siswa dalam belajar matematika kedua kelas (eksperimen dan kontrol). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi siswa dalam belajar matematika yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika model Learning Cycle dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika model konvensional.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.