Implementasi Metode Skrip Kooperatif dengan Pemanfaatan Media “BEBIBULAN†dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Wahid Hasyim Prambon-Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dengan metode skrip kooperatif dengan pemanfaatan media “BEBIBULANâ€. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo. Sedangkan kelas VII-B sebagai kelas uji data untuk menegtahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode skrip kooperatif. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73,02 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 83,63.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hayardin. 2006. Model-model kooperatif. (http://www.smansatase.sch.id/index.php/component/content/article/57-artpend/72-hakmat diakses 3 Januari 2013)
Junaidi. 2007. Pembelajaran matematika. (http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/06/pembelajaran-matematika.html diakses 28 Januari 2013)
Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran – sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) press. Tidak dipublikasikan.
Pradina.2009. membuat media pembelajaran. (http://kabarmingguan.blogspot.com/2012/12/membuat-media-pembelajaran-dari-botol.html diakses 3 Februari 2013)
Pramudya, Giri. 2009. Implementasi metode inkuiri berbantuan media “BEBIBULAN†dalam meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa SMPN 2 Tanggul Jember.PTK. Jember.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-model Pembelajaran SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Sudrajat. 2008. Mahir Mengembangkan kemampuan Matematika untuk SMA/SMK/MA sederajat (BSE).Jakarta : Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.
Suprijono, Agus, N.Si. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ