Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika untuk Menyelesaikan Soal Cerita pada Operasi Dasar Matematika Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 18 Surabaya
Abstrak
Salah satu tujuan pengajaran matematika di SD adalah menumbuhkan serta mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam berhitung sebagai alat dalam kehidupan sehari – hari. Soal cerita merupakan salah satu bahan ajar matematika di SD yang dapat menunjukkan manfaat matematika dalam kehidupan sehari – hari. Soal cerita matematika adalah soal matematika yang dapat disajikan dalam bahasa sehari – hari dan dapat diubah dalam bentuk matematika. Soal cerita sering dirasakan sulit oleh sebagian siswa khususnya anak SD karena dalam menyelesaikan soal cerita siswa tidak hanya memerlukan keterampilan berhitung tetapi juga membutuhkan penalaran matematika dan kemampuan berbahasa. Apabila siswa terbiasa mengerjakan soal cerita akan dapat meningkatkan proses berfikir dan bernalar serta melatih siswa menggunakan matematika dalam memecahkan masalah. Agar dapat menyelesaikan soal cerita matematika diperlukan pemahaman soal. Adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mencari letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi perkalian dan pembagian. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dimana dilakukan dengan cara melakukan tes dan mewawancarai siswa. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Untuk memperoleh data dalam penelitian skripsi ini penulis mengambil subyek penelitian yaitu siswa kelas II – A Muhammadiyah 18 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan sejumlah hasil temuan dalam penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada Bab 4 dan Bab 5, maka diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesulitan siswa yaitu siswa kurang memahami pertanyaan pada soal cerita pada perkalian sebanyak 6 siswa, sedangkan pada soal cerita pembagian sebanyak 7 siswa. Kurang telitinya siswa dalam berhitung pada perkalian sebanyak 4 siswa, sedangkan pada pembagian sebanyak 5 siswa. Jenis faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu siswa kurang memehami soal cerita.
Artikel teks lengkap
Referensi
Chatib Munif, 2012. Sekolahnya Manusia.Bandung : Kaifa
Chalimatus, 2008. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaiakn Soal Keliling dan Luas Lingkaran
Hamalik Oemar, 1979. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung : Tarsito
Moelong, Lexy, J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Partowisastro Koestoer, 1969. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar jilid2. Jakarta : Erlangga
Sanjaya. 2006. Diakses tanggal 23 Maret 2013 dikutib dari
(www.scribd.com/doc145632411/diagnosis pembelajaran _matematika)
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.