Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika untuk Menyelesaikan Soal Cerita pada Operasi Dasar Matematika Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 18 Surabaya
Abstract
Salah satu tujuan pengajaran matematika di SD adalah menumbuhkan serta mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam berhitung sebagai alat dalam kehidupan sehari – hari. Soal cerita merupakan salah satu bahan ajar matematika di SD yang dapat menunjukkan manfaat matematika dalam kehidupan sehari – hari. Soal cerita matematika adalah soal matematika yang dapat disajikan dalam bahasa sehari – hari dan dapat diubah dalam bentuk matematika. Soal cerita sering dirasakan sulit oleh sebagian siswa khususnya anak SD karena dalam menyelesaikan soal cerita siswa tidak hanya memerlukan keterampilan berhitung tetapi juga membutuhkan penalaran matematika dan kemampuan berbahasa. Apabila siswa terbiasa mengerjakan soal cerita akan dapat meningkatkan proses berfikir dan bernalar serta melatih siswa menggunakan matematika dalam memecahkan masalah. Agar dapat menyelesaikan soal cerita matematika diperlukan pemahaman soal. Adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mencari letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi perkalian dan pembagian. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dimana dilakukan dengan cara melakukan tes dan mewawancarai siswa. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Untuk memperoleh data dalam penelitian skripsi ini penulis mengambil subyek penelitian yaitu siswa kelas II – A Muhammadiyah 18 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan sejumlah hasil temuan dalam penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada Bab 4 dan Bab 5, maka diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesulitan siswa yaitu siswa kurang memahami pertanyaan pada soal cerita pada perkalian sebanyak 6 siswa, sedangkan pada soal cerita pembagian sebanyak 7 siswa. Kurang telitinya siswa dalam berhitung pada perkalian sebanyak 4 siswa, sedangkan pada pembagian sebanyak 5 siswa. Jenis faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu siswa kurang memehami soal cerita.
Full text article
References
Chatib Munif, 2012. Sekolahnya Manusia.Bandung : Kaifa
Chalimatus, 2008. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaiakn Soal Keliling dan Luas Lingkaran
Hamalik Oemar, 1979. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung : Tarsito
Moelong, Lexy, J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Partowisastro Koestoer, 1969. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar jilid2. Jakarta : Erlangga
Sanjaya. 2006. Diakses tanggal 23 Maret 2013 dikutib dari
(www.scribd.com/doc145632411/diagnosis pembelajaran _matematika)
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ