Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran QD di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya pada materi segiempat dengan penerapan strategi pembelajaran quick on the draw (QD). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu kelas VII-D. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran quick on the draw (QD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Terlihat dari nilai rata-rata sebelum tindakan (UTS) adalah 73,28 meningkat menjadi 76,25 pada siklus 1 atau meningkat sebesar 4,05%. Dari siklus 1 ke siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 83 atau meningkat sebesar 8,85%. Pada siklus 1 aktivitas siswa tergolong masih pasif selama proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 68,16%. Pada siklus 2 siswa tergolong aktif selama proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 77,54%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas (terjemahan Wasi Dewanto). Jakarta: Indeks.
Masriyah. 2007. Modul 9 Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana. 1991. Statistika untuk Ekonomi dan Niaga. Bandung: Tarsito.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yasthophi, Arif. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on the Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP) di Kelas XII IPA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, (online), (http://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/2154/1/JURNAL%20ARIF%20YASTHOPHI.pdf, diakses 29 Juni 2013).
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.