Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran QD di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Rizka Yuli Nur Lailiyah (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya pada materi segiempat dengan penerapan strategi pembelajaran quick on the draw (QD). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu kelas VII-D. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran quick on the draw (QD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Terlihat dari nilai rata-rata sebelum tindakan (UTS) adalah 73,28 meningkat menjadi 76,25 pada siklus 1 atau meningkat sebesar 4,05%. Dari siklus 1 ke siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 83 atau meningkat sebesar 8,85%. Pada siklus 1 aktivitas siswa tergolong masih pasif selama proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 68,16%. Pada siklus 2 siswa tergolong aktif selama proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 77,54%.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas (terjemahan Wasi Dewanto). Jakarta: Indeks.

Masriyah. 2007. Modul 9 Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana. 1991. Statistika untuk Ekonomi dan Niaga. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasthophi, Arif. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on the Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP) di Kelas XII IPA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, (online), (http://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/2154/1/JURNAL%20ARIF%20YASTHOPHI.pdf, diakses 29 Juni 2013).

Authors

Rizka Yuli Nur Lailiyah
Rizqa_yuly@yahoo.com (Primary Contact)
Lailiyah, R. Y. N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran QD di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/208

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.