Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran QD di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya pada materi segiempat dengan penerapan strategi pembelajaran quick on the draw (QD). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu kelas VII-D. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran quick on the draw (QD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Terlihat dari nilai rata-rata sebelum tindakan (UTS) adalah 73,28 meningkat menjadi 76,25 pada siklus 1 atau meningkat sebesar 4,05%. Dari siklus 1 ke siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 83 atau meningkat sebesar 8,85%. Pada siklus 1 aktivitas siswa tergolong masih pasif selama proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 68,16%. Pada siklus 2 siswa tergolong aktif selama proses belajar mengajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 77,54%.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas (terjemahan Wasi Dewanto). Jakarta: Indeks.
Masriyah. 2007. Modul 9 Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana. 1991. Statistika untuk Ekonomi dan Niaga. Bandung: Tarsito.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yasthophi, Arif. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on the Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP) di Kelas XII IPA SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, (online), (http://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/2154/1/JURNAL%20ARIF%20YASTHOPHI.pdf, diakses 29 Juni 2013).
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ