Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Abstract
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan karena model pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas monoton dan suasana kelas kurang menyenangkan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang, aktivitas siswa, dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang. Hasil analisis data hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rata-rata nilai siswa sebelum tindakan dan setelah tindakan terjadi peningkatan 15,77%. Hasil analisis aktivitas siswa mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru memperoleh prosentase terbesar, yaitu 41,78%. Hasil analisis lain yaitu respon siswa menunjukkan respon positif, yaitu 84% siswa setuju apabila model pembelajaran kooperatif tipe make a match digunakan dalam pembelajaran matematika.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hidayati, Fahmi. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Tahun Ajaran 2009-2010. Skripsi.
Inus. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Operasi Hitung Pecahan Dengan Model Make A Match Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semeter II Tahun Pelajaran2011/2012.(http://repository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/950/T1_292008231_Judul.pdf?sequence=1 diakses tanggal 01 Februari 2013)
Nuharini, dewi, Wahyuni, tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ