Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Abstrak
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan karena model pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas monoton dan suasana kelas kurang menyenangkan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang, aktivitas siswa, dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang. Hasil analisis data hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rata-rata nilai siswa sebelum tindakan dan setelah tindakan terjadi peningkatan 15,77%. Hasil analisis aktivitas siswa mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru memperoleh prosentase terbesar, yaitu 41,78%. Hasil analisis lain yaitu respon siswa menunjukkan respon positif, yaitu 84% siswa setuju apabila model pembelajaran kooperatif tipe make a match digunakan dalam pembelajaran matematika.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hidayati, Fahmi. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Tahun Ajaran 2009-2010. Skripsi.
Inus. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Operasi Hitung Pecahan Dengan Model Make A Match Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semeter II Tahun Pelajaran2011/2012.(http://repository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/950/T1_292008231_Judul.pdf?sequence=1 diakses tanggal 01 Februari 2013)
Nuharini, dewi, Wahyuni, tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.