Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Kreatif dengan Media Hanger Play terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antara, P. A. (2018). Stimulasi metode permainan kreatif berdesain creative movement dan budi pekerti dalam mengembangkan kemampuan spasial anak. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Biantoro, N. O. P. H., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional berdasarkan project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 89–102. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.5257
BNSP. (2006). Permendiknas RI no. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Handini, A. (2014). Penerapan metode permainan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa (penelitian tindakan kelas di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1–11.
Lestari, I. N. (2015). Pengaruh metode permainan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas II SD N Plebengan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugraha, B. (2015). Permainan kreatif untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3030
Rahmawanti, M. (2016). Penerapan metode bermain kreatif dalam pembelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, S. (2015). Efektivitas penerapan model pembelajaran deep learning cycle (DELC) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII MTs. DDI Parangsialla Kab. Jeneponto. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4341/
Suwaibah, D., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 4(2), 126–135.
Ula, M., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas pembelajaran dicovery learning dengan media komik pada pembelajaran garis dan sudut di SMP negeri 7 Surabaya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28.
Wuri, R. F. (2017). Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (worksheet) berbasis kontruktivisme pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V-B SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v6i1.8491
Refbacks
- There are currently no refbacks.