Meningkatkan Prestasi Belajar Aritmatika Sosial dengan Pendekatan Saintifik Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya

Dia Setianingsih (1), Chusnal Ainy (2), Febriana Kristanti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Banyak yang beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk diajarkan dan dipelajari. Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak, inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam matematika dan guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif, dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dianalisis deskriptif adalah : ketuntasan belajar dan aktifitas siswa dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai prestasi belajar matematika siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surabaya dapat ditingkatkan melalui pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Siklus 1 dengan rata-rata 2,82, meningkat sebesar 25,89% dari nilai pretest. Siklus 2 meningkat 10,28% dari siklus 1 dengan rata-rata 3,11. Hal ini menunjukkan bahwa siswa senang terhadap proses pembelajaran menggunakan pendekatan ini.

Full text article

Generated from XML file

References

Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs Unesa.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013). Bandung: Yrama Widya.

Authors

Dia Setianingsih
dia.setianingsih@yahoo.com (Primary Contact)
Chusnal Ainy
Febriana Kristanti
Setianingsih, D., Ainy, C., & Kristanti, F. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Aritmatika Sosial dengan Pendekatan Saintifik Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 105–112. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.101

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.