Analisis Karakteristik Retensi Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Moesarofah Moesarofah (1)
(1) UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA, Indonesia

Abstrak

Retensi mahasiswa menjadi perhatian bagi para dosen maupun institusi di perguruan tinggi. Isu penting tentang retensi adalah bertahan hingga kelulusan atau putus kuliah. Data empiris di Perguruan Tinggi menunjukkan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada tahun kedua cenderung mengalami pengurangan setiap tahun. Kurangnya data empiris yang terintegrasi menjadi tantangan besar dalam mengidentifikasi karakteristik retensi mahasiswa. Tujuan penelitian adalah menganalis karakteristik retensi mahasiswa tahun kedua di perguruan tinggi. Metode penelitian dilakukan secara survey dengan membagikan kuesioner secara online. Populasi adalah mahasiswa tahun kedua program sarjana di fakultas pedagogik dan psikologi  (FPP) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, dan dilakukan pengambilan sampel secara random. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang diadaptasi secara empirik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menganalisis karakteristik retensi mahasiswa berdasarkan faktor akademik, study skill dan keterlibatan dalam kegiatan kampus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik retensi mahasiswa memiliki mean tertinggi pada faktor akademik, setelah itu faktor study skill dan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kampus. Implikasi penelitian mengarah pada pergeseran pola pikir tentang intelegensi, dan efikasi diri sebagai faktor antesedent dari retensi mahasiswa.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Campbell, C. M., & Mislevy, J. 2009. Students’ Perceptions Matter: Early Signs of Undergraduate Student Retention/Attrition. In Harbor in the Storm: Institutional Research in the Age of Accountability (pp. 66–96).

Crede, M., & Kuncel, N. R. 2008. Study Habits , Skills , and Attitudes. Perspect Psychol Sci, Nov;3(6), 425–453. https://doi.org/10.1111/j.1745-6924.2008.00089.x.

De Witte, K., Cabus, S., Thyssen, G., Groot, W., & Van Den Brink, H. M. 2013. A critical review of the literature on school dropout. Educational Research Review, 10, 13–28. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2013.05.002

Kemenristekdikti Indonesia, PDDikti. 2017. Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2017. Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti (Vol. 50). Retrieved from http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00074918.2014.896265

Kemenristekdikti Indonesia, PDDikti. 2018. Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018. Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti (PT 18).

Laskey, M. L., & Hetzel, C. J. 2011. Investigating factors related to retention of at-risk college students. Learning Assistance Review (TLAR), 16(1), 31–43. https://doi.org/10.2190/4YNU-4TMB-22DJ-AN4W

Munt, J. A., & Merydith, S. P. 2011. The relationship of students’ personality traits and psychosocial characteristics with academic retention. Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice, 13(4), 457–478. https://doi.org/10.2190/CS.13.4.c

Yorke, M., & Longden, B. 2004. Theory: a multiplicity of perspectives. In ther Eggins (Ed.), Retention and Student Success in Higher Education (pp. 75–88). Society for Research into Higher Education & Open University Press.

Penulis

Moesarofah Moesarofah
moesarofah@unipasby.ac.id (Kontak utama)

Rincian Artikel

No Related Submission Found