Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Upaya Meningkatkan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 7 Surabaya

M. Ridlwan (1), Asy'ari Asy'ari (2), Endang Suprapti (3), Ratno Abidin (4)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(4) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan serta upaya yang dilakukan dalam kepemimpinan Kepala Sekolah upaya meningkatkan kualitas kinerja guru serta tingkat keberhasilannya. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan maksud untuk menghasilkan sebuah data deskriptif yang dihasilkan dari pengumpulan data. Data diperoleh melalui informan menggunakan metode wawancara dengan pertanyaan yang relevan, melakukan observasi langsung, dokumentasi serta audio visual. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa peran serta upaya-upaya kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya sudah dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kinerja guru dilihat dari kedisiplnannya, karya – karya yang diperoleh. Para guru juga merasa sangat antusias dengan adanya program yang digagas oleh kepala sekolah dalam mendorong guru menjadi guru yang professional dan berkualitas.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Albu, G. (2013). The Teacher-headmaster and his Relationship with Himself. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78, 653–657. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.369

Andersson, I. M., Gunnarsson, K., & Rosèn, G. (2015). Role of headmasters, teachers, and supervisors in knowledge transfer about occupational health and safety to pupils in vocational education. Safety and Health at Work, 6(4), 317–323. https://doi.org/10.1016/j.shaw.2015.07.012

Babalis, T., Tsoli, K., Koutouvela, C., Stavrou, N., & Alexopoulos, N. (2012). Quality and Effectiveness in Greek Primary School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1462–1468. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.086

Bakirci, H., Turkdogan, A., & Guler, M. (2012). Is My School an Effective School ? Headmaster and Teacher Views. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3471–3476. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.087

Campbell, C., Andersen, L., Mutsikiwa, A., Pufall, E., Skovdal, M., Madanhire, C., Nyamukapa, C., & Gregson, S. (2015). Factors shaping the HIV-competence of two primary schools in rural Zimbabwe. International Journal of Educational Development, 41, 226–236. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2014.05.007

Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 55–61. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856

Fatkurinah, W. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja: Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 90–93. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4861

Gülşen, C., & Kiliç, M. A. (2014). Perception of Pre-school Teachers to Mobbing in Terms of Psycho – Violence. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 114, 446–451. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.727

HornáÄková, V., Hálová, K., & Nechanická, V. (2015). Analysis of Democratic Leadership Style of Nursery Schools/Kindergartens. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 717–723. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.183

Huang, T. M. (2011). The relationship between headmasters’ leadership behaviour and teachers commitment in primary schools in the district of Sarikei, Sarawak. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1725–1732. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.418

Ismail, A., & Abdullah, A. G. K. (2012). A Journey to Excellence: A Case of Ulu Lubai National Primary School in Limbang Sarawak, Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1309–1313. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.067

Margo, C. E., & Harman, L. E. (2018). Charles Dickens, trachoma, and blindness in pre-Victorian England. Survey of Ophthalmology, 63(2), 275–280. https://doi.org/10.1016/j.survophthal.2017.10.004

Muslim, B., Harapan, E., Kesumawati, N., Sekolah, K., & Pendidikan, M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. 9(1).

Ngang, T. K., & Sam, L. C. (2015). Principal Support in Lesson Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 205(May), 134–139. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.09.040

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Ozkilic, R., & Kartal, H. (2012). Teachers Bullied by Their Students: How Their Classes Influenced After Being Bullied? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1998), 3435–3439. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.080

Pisoňová, M., & Nagyová, A. (2014). The Auto-evaluation in the Process of Improving the Quality of Educational and Non-educational Institutions. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 149, 724–732. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.278

Ramdhani, N., Ancok, D., Swasono, Y., & Suryanto, P. (2012). Teacher Quality Improvement Program: Empowering Teachers to Increasing a Quality of Indonesian’s Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1836–1841. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.134

Reppa, A. A., Botsari, E. M., Kounenou, K., & Psycharis, S. (2010). School leadership innovations and creativity: The case of communication between school and parents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2207–2211. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.309

Şahenk, S. S. (2010). Characteristics of the headmasters, teachers and students in an effective school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4298–4304. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.682

Sakurai, A., Bisri, M. B. F., Oda, T., Oktari, R. S., Murayama, Y., Nizammudin, & Affan, M. (2018). Exploring minimum essentials for sustainable school disaster preparedness: A case of elementary schools in Banda Aceh City, Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction, 29, 73–83. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2017.08.005

Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271

Tombak, A. (2015). Self-Knowledge Skills of Educational Administrators (Kyrenia Example). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 820–824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.032

Vicario, A. D. (2012). Safety Management in Catalonia’s Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3324–3328. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.060

Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., Nurjanah, S., & Wahyuni, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education, Psychology and Counseling, 02(01), 327–336. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/484

Penulis

M. Ridlwan
Asy'ari Asy'ari
asyari@fkip.um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Endang Suprapti
Ratno Abidin

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found