Peranan Keluarga Nelayan Dalam Pendidikan Anak

yaman la ndibo (1), Junaidin Junaidin (2), Ikong Ikong (3)
(1) universitas muhammadiyah kendari, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan keluarga nelayan dalam pendidikan anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan dua jenis data yaitu data primer melalui wawancara dan data sekunder yaitu data mengenai gambaran perkembangan peranan keluarga nelayan dalam pendidikan anak. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang kepala keluarga nelayan, 3 orang anak nelayan. Analisis data yang di gunakan adalah melalui tahap pengumpilan data, reduksi data, pengecekan keabsahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang tua dalam pendidikan anak perananya sebagai pengasuh, pendidik dan pengawas. Keluarga merupakan tempat pertama dimana anak memperoleh pendidikan. Karakter dan kepribadian anak dibentuk pertama kali di dalam keluarga. Orang tua hendaknya memilih konsep sesuai dengan fungsi keluarga seperti penanaman nilai-nilaia keagamaan, fungsi perlindungan/pengawasan, bersikap adil terhadap anak, serta memberikan kasih sayang terhadap anak. Selaian itu, sebagian orang tua menajadi suri tauladan bagi anak-anaknya dalam pendidikan di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam pembentukan karakter anak yang mengarah ke pengembangan potensi dan fitrah anak.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alfiana, N. 2013. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Pada Keluarga Bidang Pendidikan di Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S, 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek: Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harini, Sri dan Firdaus, Aba. 2003. Mendidik Anak Sejak Dini, Yogyakarta:Kreasi Wacana.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maryati, Kun. 2007. 70 Peranan Keluarga Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan Anak. Malang

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007. Manajemen Berbasisi Sekolah. (Jakarta: Dirjendikti Depdiknas)

Nizar Samsyul, 2007. Pengantar Dasar-dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Selim, Nico. 2012. Hal-hal yang menyebabkan anak putus sekolah. Jakarta : PT Rineke Cipta

Syaifuddin, Muhammad. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah (Jakarta : Dirjen dikti Depdiknas).

Syamsu, Yusuf LN. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Penulis

yaman la ndibo
yamanlandibo709@gmail.com (Kontak utama)
Junaidin Junaidin
Ikong Ikong

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found