Uji Kelayakan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Project Based Learning Materi Analisis Spermatozoa

Desi Ariani Putri Br. Purba (1), Jodion Siburian (2), Winda Dwi Kartika (3)
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi-Universitas Jambi, Indonesia,
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi-Universitas Jambi, Indonesia,
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi-Universitas Jambi, Indonesia

Abstract

Panduan praktikum yang digunakan pada praktikum perkembangan hewan belum mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakan praktikum secara mandiri dan melakukan langkah-langkah keterampilan ilmiah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dari panduan praktikum perkembangan hewan berbasis project based learning dalam materi analisis spermatozoa. Penelitian ini merupakan Research and development dengan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data menggunakan angket validasi materi dan media. Hasil validasi materi diperoleh skor 84,35% dengan kriteria sangat baik, hasil validasi media diperoleh skor 88% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menyatakan bahwa panduan praktikum ini layak untuk diujicobakan oleh mahasiswa dalam Matakuliah Praktikum Perkembangan Hewan.

The practicum guide used in the animal development practicum has not directed students to carry out practicum independently and take steps of scientific skills. This study aims to determine the feasibility of a project-based learning-based animal development practicum guide in the analysis of spermatozoa. This research is Research and development with a 4D development model with the stages of define, design, develop and disseminate. Data collection using material and media validation questionnaires. The results of material validation obtained a score of 84.35% with very good criteria, the results of media validation obtained a score of 88% with very good criteria.  These result indicate that this practicum guide is worthy of being tested by students in the Animal Development Practicum Course.

Full text article

Generated from XML file

References

Adalikwu, S., & Iorkpilgh, I. (2013). The Influence of Instructional Materials on Academic Performance of Senior Secondary School Students in Chemistry in Cross River State. Global Journal of Educational Research, 12(1), 39–45.

Afifi, R., Hindriana, A. F., & Soetisna, U. (2016). Implementasi Project Based Learning Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan dan Kesadaran Metakognitif mahasiswa Calon Guru Biologi. Bioedusiana, 1(1), 29–45.

Aminah, N. (2015). Analisis Validasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Plomp Pada Materi Geometri. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9.

Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry Untuk Mengopimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi, 5(1), 24–28.

Astuti, I. A. D., Putra, I. Y., & Bhakti, Y. B. (2019). Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students’ Science Process Skills. Scientiae Educatia, 7(2), 183.

Badan Standar Nasional Indonesia. (2014). Instrumen Penilaian Buku Ajar. (http://bsnp-indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014/) diakses Februari 2021.

Fadillah, E. N., & Angraini, E. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3 (1), 34–42.

Gómez-Pablos, B. V., & Muñoz-Repiso, A. G. V. (2017). Project-Based Learning (PBL) Through The Incorporation Of Digital Technologies: An Evaluation Based On The Experience Of Serving Teachers. Computers in Human Behavior, 68, 501.

Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing teacher-students for twenty-first-century learning practices (PREP 21): a framework for enhancing collaborative problem-solving and strategic learning skills. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 23(1), 25–41.

Hastika, D. W., Daningsih, E., & Marlina, R. (2019). Kelayakan Penuntun Praktikum Submateri Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dengan Tambahan Metode Replika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–8.

Irmi, N. M., Adlim, & Rahmayani, R. F. I. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 27–34.

Kartikasari, Y., & Widodo, M. (2015). Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(3), 1–6.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagajran. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214–219.

Lauren, I., Harahap, F., & Gultom, T. (2016). Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 206–212.

Nalevska, G. P., & Kuzmanovska, M. (2020). Teaching Methods As A Factor Of Students Learning Motivation. EDUCATION - Journal of Educational Research, 2(3-4), 40-50.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rismawati, E., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2015). Kelayakan Penyajian Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(5), 1–10.

Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media, dan Bahasa Dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea, 3(2), 9–14.

Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29–40.

Saputra, D. I., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Logika Fuzzy. Innovation of Vocational Technology Education, 9(1), 13–34.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Badjuri, & Anwar, K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas XII IPA. Jurnal Ilmu Sejarah. Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(2), 116–128.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247–254.

Yulia. (2015). Penyusunan Penuntun Praktikum Pembuatan Salep Penyemuhan Luka Insisi Dari Ekstrak Tangkai Daun Talas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3), 1–13.

Zulaiha, H., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 87–93.

Authors

Desi Ariani Putri Br. Purba
Jodion Siburian
jodion.siburian@unja.ac.id (Primary Contact)
Winda Dwi Kartika
Author Biographies

Desi Ariani Putri Br. Purba, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi-Universitas Jambi

Pendidikan Biologi

Jodion Siburian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi-Universitas Jambi

Pendidikan Biologi

Winda Dwi Kartika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi-Universitas Jambi

Pendidikan Biologi

Article Details

No Related Submission Found