Perkembangan Sosial Tokoh Anna dalam Film “When Marnie Was Thereâ€: Perspektif Psikososial
Abstrak
Film dapat dijadikan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan dalam bentuk visual. Terdapat makna substantif yang dapat dieksplorasi pada setiap sekuel adegan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perkembangan sosial yang dialami oleh tokoh utama, Anna dalam film animasi berjudul “When Marnie was There†menggunakan pendekatan psikososial dengan teori Psikososial Erik Erikson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif naratif dengan unit kajiannya berupa performansi adegan yang memiliki keterkaitan dengan konteks psikis dan sosial tokoh utama. Teknik pengumpulan data didapat dengan cara menyimak keseluruhan adegan, menglasifikasikan adegan yang berhubungan konteks psikis dan sosial, menganalisis data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama Anna telah melewati empat tahapan perkembangan sosial yaitu: 1) tahapan kepercayaan vs kecurigaan, 2) Otonomi vs perasaan malu, 3) Inisiatif vs kesalahan, dan 4) Kerajinan vs inferioritas.
Kata Kunci: Perkembangan sosial, psikososial, When Marnie was There
Artikel teks lengkap
Referensi
Aminanda, P. P. (2018). Perkembangan Psikososial Tokoh Maki dalam Film Zarafa Karya Rémi Bezançon, Skripsi oleh Ade Rizkia Nurfitriani 145110300111021 Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis [Universitas Brawijaya]. http://repository. ub.ac.id/id/eprint/166726
Arimura, M. (2019). When Marnie Was There Coloring Book. (n.p.): Amazon Digital Services LLC-KDP Print US.
Arini, D. P. (2021). Garuda-Garba Rujukan Digital. Jurnal Ilmiah Psiche, 15(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2247587
Caroline, Y., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2016). Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://doi.org/ 10.35793/JTI.9.1.2016.14639
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches-John W. Creswell (4th ed.). SAGE. https://books.google.co.id/ books? id=4uB76IC_pOQC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Fikra, A., & Arifuddin, P. (2018). Film sebagai Media Dakwah Islam. Aqlam: Journal of Islam and Plu-rality, 2(2). https://doi.org/ 10.30-984/AJIP.V2I2.523
Kadek, N., Saputri, T. A., Gede, I., Sindu, P., Made, I., & Kesiman, W. A. (2020). Pengembangan Film Animasi 2D Riwayat Hidup Mr. I Gusti Ketut Pudja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9(3), 185–192. https://doi.org/10.23887/KARMAPATI.V9I3.29260
Lingga, G., Kusuma, A., Sekolah, P., & Desain Bali, T. (2019). Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media YouTube. Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 259–265. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/147
Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. https://doi.org/10.15642/JIK.2011. 1.1.125-138
Nurfitriani, A. R. (2018). Perkembangan Psikososial Tokoh Maki Dalam Film Zarafa Karya Rémi Bezançon [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/ 166450
Papilaya, I., Papilaya, I., Sili, S., & Asanti, C. (2021). The Analysis of Zach’s Homosexual Identity in Shelter (2007). Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 5(3), 567–579. https://doi.org/10.30872/ jbssb.v5i3.4282
Putri A, A. T. (2018). Analisis Karakter Tokoh utama dalam Film Hachiko Monogatari (Kajian Psikologi Sosial). Undergraduate Thesis, Diponegoro University, 1–75. http://eprints.-undip.ac.id/60499/1/SKRIPSI_FULL.pdf
Safariani, P. (2017). Penyebaran Pop Culture Jepang olwh Anime Festival Asia (AFA) di Indonesia Tahun 2012-2016. 5(3), 729–744. https://ejournal. hi.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2017/08/Journal Putri Safariani (08-01-17-02-36-18).pdf
Samsul Sahri, H. S. (2016). Perancangan Sistem Informasi Anime Berbasis Web Mengunakan Wordpress Publikasi Ilmiah [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/48503/1/Naskah publikasi L200090083.pdf
Subargo, Y. L., & Yarno. (2021). Ideologi dalam Surat Edaran PPKM Darurat tentang Covid-19 9 di Surabaya (Kajian Analisis Wacana Kritis Fair¬clough. Didaktis, 21(3), 262-277. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/10380/4364; doi:http://dx.-doi.org/10.30651/didaktis.v21i3
Syahfitri, Y. (2011). Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. SAINTIKOM, Vol. 10 /. https://prpm.trigunadharma.ac.id/ public/file¬Jur¬nal/hpqo5-Jurnal-YUN-animasi.pdf
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.