Pengembangan Majalah Matematika Islam dengan Pendekatan Al-Qur’an Sebagai Alternatif Bahan Ajar dalam Menumbuhkan Nilai Islami

Erni Mei Yuhroh (1)
(1) SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk, Indonesia

Abstrak

Pengembangan Majalah Matematika Islam dengan Pendekatan Al-Qur'an dirancang dengan mengintegrasikan matematika dan nilai-nilai Islam, dan menumbuhkan kemampuan siswa dalam melek huruf. Rumusan masalah penelitian ini terkait dengan persiapan dan implementasi majalah dan sikap Islami kepada siswa dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan langkah-langkah persiapan dan penerapan bahan ajar. Nilai-nilai Islam yang muncul dari siswa saat belajar matematika dengan menggunakan Majalah.

Penelitian pengembangan menggunakan model prosedural yang dalam penelitian ini akan dijelaskan untuk menggambarkan alur yang dikembangkan untuk menghasilkan produk. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap Define, Design, Develop.

Hasil langkah penelitian penyiapan bahan ajar majalah dengan menganalisis kurikulum, guru, siswa dan konsep dengan observasi, wawancara, dan angket respons. Respons kuesioner siswa terkait dengan bahan ajar adalah 80% kriteria kuat. Sedangkan untuk mengetahui dampak nilai-nilai Islam siswa dengan melakukan kegiatan observasi siswa.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Asfuryah, Siti.2014. Penngembangan Majalah Sains Berbasis Contektual Learning Sebagai Media Pembelajaran IPA tema Pemanasan Global untuk SMP.Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Dananjaya, Utomo.2010. Media Pembelajaran Aktif.Bandung:Nuansa.

Departemen, Agama.2009. Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Husamah dan Setyaningrum yanur.2013.Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013.Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, Agus.2015. Nalar Ayat-ayat Semesta. Bandung:PT Mizan Pustaka.

Penulis

Erni Mei Yuhroh
ernimeyyuhroh@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

No Related Submission Found