NILAI – NILAI EDUKATIF KARYA ANDARU INTAN PADA NOVEL 33 SENJA DI HALMAHERA; SOSIOLOGI SASTRA
Abstrak
Karya Andaru Intan pada novel 33 Senja di Halmahera menceritakan tentang Nathan, seorang tentara beragama Nasrani dari Ambon yang harus ditugaskan ke sebuah desa kecil di Maluku utara, yang jatuh cinta kepada Puan seorang gadis Muslim yang tinggal di pesisir pantai dan bekerja sebagai guru Bahasa inggris. Novel ini dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra. Pendekatan kepada sastra yang berfokus pada masyarakat disebut sosiologi sastra, Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan latar belakang dari sosial budaya masyarakat Halmahera serta nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel 33 Senja di Halmahera. Nilai edukatif atau nilai Pendidikan adalah suatu nilai yang mencakup sikap diri sendiri dalam kehidupan sosial dan pribadi, nilai-nilai edukatif di novel 33 Senja di Halmahera adalah bersahabat/komunikatif, terampil, religius, bertanggung jawab dan disiplin. Penulisan artikel ini menggunakan metode deskritif yang menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Â Sumber data primer dalam penelitian ini adalah karya Andaru Intan pada novel 33 Senja di Halmahera.
Artikel teks lengkap
Referensi
Akbar, S. (2012). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Fathurrohman, M. (2016). Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 19-42.
Fatria, F. (2016). Analisis Nilai-nilai Edukatif dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1-10.
Ikhsan, A. N., & Sumadyo, B. (2022). Aspek Sosial dalam Novel “33 Senja Di Halmahera†Karya Andaru Intan. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(3), 279-289.
Irma, C. N. (2017). Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Punakawan Menggugat Karya Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 1-9.
Nasution, W. (2016). Kajian sosiologi sastra novel Dua Ibu karya Arswendo Atmowiloto: Suatu tinjauan sastra. Jurnal Metamorfosa, 4(1), 14-27.
Nurachmana, A., Purwaka, A., Supardi, S., & Yuliani, Y. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 57-66.
PAMUNGKAS, K. S., & HAMZAH, I. NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL MAHA MIMPI ANAK NEGERI.
Pujiati, H. (2018, February). AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 33 SENJA DI HALMAHERA KARYA ANDARU INTAN. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 2, No. 1).
Tjahyadi, I. MENGULIK KEMBALI PENGERTIAN SASTRA.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.