Upaya Meningkatkan Prestasi PTK PAUD dan Dikmas Melalui Pembimbingan Strategi Ahok di Lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sangkapura
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik pembimbingan yang efektif melalui Upaya Meningkatkan Prestasi PTK PAUD dan DIKMAS Melalui Pembimbingan Strategi AHOK (Aplikasi Hibrid Online Kelembagaan) dalam pengendalian mutu program PAUDNI. Mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan Upaya Meningkatkan Prestasi PTK PAUD dan DIKMAS Melalui Pembimbingan Strategi AHOK (Aplikasi Hibrid Online Kelembagaan)dalam  pengendalian mutu program PAUDNI.
Pelaksanaan pembinaan dan  pembimbingan dilaksanakan setelah adanya fakta dan data berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian oleh penilik di wilayah kerjanya. Dengan demikian untuk melaksanakan pembimbingan harus didasarkan data hasil pemantauan dan penilaian program. Strategi pendekatan PAUD dan DIKMAS yaitu pengembangan kemampuan, dimana suatu upaya meningkatkan kemampuan lembaga secara berkelanjutan, kompetensi dan kemampuan memecahkan masalah dengan sistematis dengan tujuan Memberdayakan lembaga agar mampu mengubah sistem secara online, Menumbuh kembangkan potensi-potensi lembaga yang pada akhirnya dapat diwujudkan dalam tindakan kolektif dalam peningkatan mutu pendidikan, Meningkatkan kemanpuan lembaga berbasis TIK melalui Online, dan Mewujudkan potensi-potensi PTK melalui penciptaan kreatifitas berbasis TIK melalui online karena sejalan dengan semakin canggihnya teknologi untuk menyebarkan gagasan dan informasi untuk dapat saling belajar, serta untuk mengintegrasikan pengalaman.
Â
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djazifah, Nur ER, dkk. 2008. Pemetaan tingkat Pencapaian Mutu Pendidikan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Laporan penelitian kelompok, Yogyakarta: Jurusan PLS FIP UNY.
Heinich, R.M Russel, J.D dan Smaldino, S.E. 1996. Instructional Media and Technology for Learning. New York: Mac Milan Publishing Company
Karyadi, Benny. 2005. Pembelajaran dengan menggunakan Komputer dalam proses pembetukan Manusia yang berdaya. Jakarta: Work Shop Pesona Matematika
Romli, Asep Syamsu M. 2013. jurnalistik panduan online. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Djuju. 2010. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fallah Production.
Suryono, Yoyon. 2007. Peningkatan Kemampuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Yogyakarta: UNY Press
Zainuddin, Arif. 2003. Pengelolaan dan Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.