Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika dan IPS Pada Siswa Kelas V SDN Sedapurklagen Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Penemuan, dan ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan Media Pembelajaran. Pembelajaran Matematika dan IPS tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24). Penelitian ini berdasarkan permasalahan tentang bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya media pembelajaran, serta bagaimanakah pengaruh metode Penemuan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (NIP., 70,00%), siklus II (76,00%), siklus III (NIP.,83,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VI SDNÂ Sedapurklagen Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2015/2016 serta Media Pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika dan IPS.
Artikel teks lengkap
Referensi
Anitah, Sri, W, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
Herry, Asep, Hermawan. (2007). Media Pembelajaran. Hal. 6.31. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
Nasution, S. (1995). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahadi, Aristo. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Satori, Djam’an, dkk. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI). Pemerintah Kabupaten Asahan (2006). Dinas Pendidikan dan Pengajaran.
Supriatna, Dadang. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran (Bahan Ajar Untuk Diklat E-Training). Bandung: PPPPTK TK dan PLB.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wardhani, IGAK.; Wihardit, (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin, S. (1997). Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
_______________ . (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Universitas Terbuka.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.