UPAYA MEMBANGUN GENERASI BERKARAKTER BANGSA MELALUI KEBIASAAN BERPIKIR SUKSES
Abstrak
ABSTRAK
Meluasnya fenomena globalisasi merupakan dinamika yang strategis dan
membawa pengaruh terhadap tata nilai dari berbagai bangsa termasuk bangsa Indonesia perlu disikapi secara arif. Studi kualitatif dari kegiatan ini, bertujuan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk membangun generasi berkarakter bangsa dalam bidang pembelajaran
melalui kebiasaan berfikir SUCCESS. Berdasarkan kajian teori yang
telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa Kecerdasan berfikir dari Costa dan Kallick (2000), dapat itu divisualisasikan menjadi tujuh kelompok yang membentuk kata “SUCCESSâ€, yaitu: (1) Sensorial, (2) Understanding, (3) Control , (4) Coqnitive, (5) Exact , (6) Supple, (7) Silly, dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk membentuk
generasi berkarakter bangsa dalam proses pembelajaran.
Artikel teks lengkap
Referensi
Depdiknas. 2003. Konsep Dasar Kecakapan Hidup edisi 2. Jakarta. Dirjen dikdasmen. Rachman, A. Tanpa Tahun. Memperkuat Jati Diri Bangsa dalam Menghadapi Tantangan. Jakarta: Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO.
Rajasa, H. 2007. Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa. diakses melalui http://www.setneg.go.id
Soedjadi. 2009. Kontribusi pendidikan matematika dalam upaya membangun karakter bangsa. Surabaya: Makalah ini ini disampaikan pada Seminar Nasional Matematika Unesa tanggal 20
Juni 2009.
Sodiq, S. 2010. Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Literasi. Disertasi. Doktor Pendidikan Bahasa, Universitas
Negeri Surabaya.
Susilo, H. 2009. Upaya Membelajarkan Generasi masa depan Yang Cerdas Dan Profesional. Malang: Makalah ini ini disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang dalam Pidato Pengukuhan Generasi berkarakter Besardalam Bidang Ilmu Pendidikan Biologi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tanggal 30Juli2009. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. diakses melalui http://www. i n h e r en t - di k t i . n e t / f i l e s /sisdiknas.pdf
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.