Analisa Kemampua Berpikir Aljabar Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy dan Gender

Syarifuddin Syarifuddin (1), Darhim Darhim (2), Kartika Yulianti (3)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa ditinjau dari tingkat efikasi diri dan gender. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan self-efficacy tinggi memiliki pemahaman soal yang baik dan mampu melakukan penyelesaian soal dengan baik, serta dapat melakukan penarikan kesimpulan dari soal yang dikerjakan. Sementara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan self-efficacy sedang memiliki pemahaman yang berbeda. Siswa laki-laki masih sering melakukan kesalahan dalam proses penyelesaian soal dan kurang teliti, sementara siswa perempuan mampu melakukan langkah-langkah penyelesaian soal dengan baik dan juga tidak dapat membuat kesimpulan akhir dengan benar. Sedangkan untuk siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan tingkat self-efficacy rendah memiliki pemahaman soal yang kurang baik, karena keduanya sama sekali tidak menuliskan informasi yang diketahui dan pertanyaan yang ditanyakan. Selain itu, baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan masih sering melakukan kesalahan perhitungan dalam proses penyelesaian soal, sehingga hasil akhirnya salah. Siswa laki-laki dan siswa perempuan juga tidak dapat membuat kesimpulan dari soal sudah dikerjakan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan kemampuan dalam menyelesaikan tes berpikir aljabar. Serta ada perbedaan kemampuan berpikir aljabar antara siswa dengan tingkat efikasi diri tinggi, sedang dan rendah.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id

Bandura, A. (1977). Self-efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191–215.

Falco, L. D. (2019). An Intervention to Support Mathematics Self-Efficacy in Middle School. Middle School Journal, 50(2), 28–44. https://doi.org/10.1080/00940771.2019.1576580

Fatihah, A. N., Suhendri, H., & Mailizar. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Jakata Ditinjau dari Efikasi Diri. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 94, 39–52. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5559/1252

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–856. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.123

Indrayadi, A. P., Arfinanti, N., & Fauzi, B. N. (2022). Mathematical Problem Solving Ability In Algebraic Operations From Student’s Self-Efficacy. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 4(1), 30–46.

Kurniawan, M. R., & Mashuri. (2021). Analyzing The Influence of Concept Understanding and Self Efficacy on Student’s Algebraic Thinking Ability in Flipped Classroom Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i3.54144

Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Skills and Mathematics Self-Efficacy of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(012053), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053

Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661

Negara, H. R. P., Nurlaelah, E., Wahyudin, Herman, T., & Tamur, M. (2021). Mathematics self efficacy and mathematics performance in online learning. Journal of Physics: Conference Series, 1882(012050), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012050

Prabawanto, S. (2018). The Enhancement of Students’ Mathematical Self-Efficacy Through Teaching with Metacognitive Scaffolding Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1013(012135), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012135

Ramdhania, M. R., Usodob, B., & Subanti, S. (2017). Student’s Mathematical Understanding Ability Based on Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 909(012065), 1–7. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/909/1/012065

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Kencana Pranada Media Grup.

Saparudin Nur, A., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil

Setyawati, R. D., Nurbaiti, I., & Ariyanto, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Self Efficacy. JIPMat, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5517

Siwi, N. I., & Haerudin. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self Effcacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 836–841. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Upu, H. (2003). Problem Possing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Pustaka Ramadhan.

Penulis

Syarifuddin Syarifuddin
syarifuddin94@gmail.com (Kontak utama)
Darhim Darhim
Kartika Yulianti

Rincian Artikel

No Related Submission Found