Analisa Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri

Syarifuddin Syarifuddin (1), Darhim Darhim (2), Kartika Yulianti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sekaligus mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa berdasarkan tingkat efikasi diri mereka dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri berpengaruh nyata terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa. Siswa dengan efikasi diri tinggi mampu memahami permasalahan dengan baik, memodelkan ke dalam persamaan matematika, serta menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah penyelesaian yang benar sehingga memperoleh jawaban yang tepat. Sementara itu, siswa dengan efikasi diri sedang relatif sudah mampu membuat pemodelan persamaan dan mengikuti prosedur penyelesaian, namun masih sering melakukan kesalahan pada operasi perhitungan maupun penulisan jawaban akibat kurang teliti dan kurang fokus. Adapun siswa dengan efikasi diri rendah menunjukkan kesulitan dalam memahami soal, kurang mampu menuliskan langkah penyelesaian dengan runtut, serta sering melakukan kesalahan dalam pemodelan maupun perhitungan sehingga tidak dapat menarik kesimpulan secara tepat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa, semakin baik pula kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah matematika, sedangkan efikasi diri rendah cenderung berdampak pada lemahnya pemahaman dan hasil penyelesaian soal.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Bandura, A. (1977). Self-efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191–215.

Falco, L. D. (2019). An Intervention to Support Mathematics Self-Efficacy in Middle School. Middle School Journal, 50(2), 28–44. https://doi.org/10.1080/00940771.2019.1576580

Fatihah, A. N., Suhendri, H., & Mailizar. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Jakata Ditinjau dari Efikasi Diri. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 94, 39–52. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5559/1252

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–856. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.123

Indrayadi, A. P., Arfinanti, N., & Fauzi, B. N. (2022). Mathematical Problem Solving Ability In Algebraic Operations From Student’s Self-Efficacy. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 4(1), 30–46.

Kurniawan, M. R., & Mashuri. (2021). Analyzing The Influence of Concept Understanding and Self Efficacy on Student’s Algebraic Thinking Ability in Flipped Classroom Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i3.54144

Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Skills and Mathematics Self-Efficacy of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(012053), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053

Negara, H. R. P., Nurlaelah, E., Wahyudin, Herman, T., & Tamur, M. (2021). Mathematics self efficacy and mathematics performance in online learning. Journal of Physics: Conference Series, 1882(012050), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012050

Permatasari, D., & Harta, I. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Pendidikan Dasar Kelas V Dan Kelas VII: Cross-Sectional Study. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 99–115. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.726

Prabawanto, S. (2018). The Enhancement of Students’ Mathematical Self-Efficacy Through Teaching with Metacognitive Scaffolding Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1013(012135), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012135

Ramdhania, M. R., Usodob, B., & Subanti, S. (2017). Student’s Mathematical Understanding Ability Based on Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 909(012065), 1–7. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/909/1/012065

Sahendra, A., Budiarto, M. T., & Fuad, Y. (2018). Students’ Representation in Mathematical Word Problem-Solving: Exploring Students’ Self-efficacy. Journal of Physics: Conf. Series, 947(012059), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012059

Setyawati, R. D., Nurbaiti, I., & Ariyanto, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Self Efficacy. JIPMat, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5517

Siwi, N. I., & Haerudin. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self Effcacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 836–841. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64–68. doi: http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v1i2.68

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id

Bandura, A. (1977). Self-efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191–215.

Falco, L. D. (2019). An Intervention to Support Mathematics Self-Efficacy in Middle School. Middle School Journal, 50(2), 28–44. https://doi.org/10.1080/00940771.2019.1576580

Fatihah, A. N., Suhendri, H., & Mailizar. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Jakata Ditinjau dari Efikasi Diri. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 94, 39–52. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5559/1252

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–856. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.123

Indrayadi, A. P., Arfinanti, N., & Fauzi, B. N. (2022). Mathematical Problem Solving Ability In Algebraic Operations From Student’s Self-Efficacy. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 4(1), 30–46.

Kurniawan, M. R., & Mashuri. (2021). Analyzing The Influence of Concept Understanding and Self Efficacy on Student’s Algebraic Thinking Ability in Flipped Classroom Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i3.54144

Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Skills and Mathematics Self-Efficacy of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(012053), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053

Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661

Negara, H. R. P., Nurlaelah, E., Wahyudin, Herman, T., & Tamur, M. (2021). Mathematics self efficacy and mathematics performance in online learning. Journal of Physics: Conference Series, 1882(012050), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012050

Prabawanto, S. (2018). The Enhancement of Students’ Mathematical Self-Efficacy Through Teaching with Metacognitive Scaffolding Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1013(012135), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012135

Ramdhania, M. R., Usodob, B., & Subanti, S. (2017). Student’s Mathematical Understanding Ability Based on Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 909(012065), 1–7. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/909/1/012065

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Kencana Pranada Media Grup.

Saparudin Nur, A., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil

Setyawati, R. D., Nurbaiti, I., & Ariyanto, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Self Efficacy. JIPMat, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5517

Siwi, N. I., & Haerudin. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self Effcacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 836–841. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Upu, H. (2003). Problem Possing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Pustaka Ramadhan.

Penulis

Syarifuddin Syarifuddin
syarifuddin@um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Darhim Darhim
Kartika Yulianti

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found