Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Handika Handika Handika (1), Teti Zubaidah (2), Ramdhan Witarsa (3)
(1) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia,
(2) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia,
(3) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran matematika berdasarkan teori jean piaget pada tingkat sekolah dasar. Adapun fokus utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran matematika berdasarkan teori jean piaget pada tingkat sekolah dasar. Alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan, yaitu penelitian yang objeknya berupa buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kognitif anak dalam pembelajaran matematika memiliki perbedaan pada tahapan usianya. Perkembangan anak dalam tahapannya mampu mengubah perspektif anak akan pentingnya ilmu pengetahuan dan cara belajarnya. Adapun faktor lain yang mempengaruhi kognitif anak yaitu  penggunaan model, metode, dan variasi belajar yang disajikan sesuai tingkat usai anak. Oleh karena itu dengan adanya pendekatan kognitif bisa menjadi landasan bagi pendidik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga proses pembelajaran menjadi efektif, efesien, dan tujuan tercapai.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agustin, Mubiar & Nurihsan, Juntika, A. (2020). Dinamika Perkembangan Anak & Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan. Bandung: ADITAMA.

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132.

Amelia, I. N. (2022). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERDASAR TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PIAGET. AL-IBANAH, 7(1).

Andesta, B. D. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, IX(1), 37–50.

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter kreatif di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Basri, H. (2018). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9.

Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Desmita, D. (2015). Psikologi Perkembangan, Cet. Ke-9. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Hidayati, K. (2012). Pembelajaran Matematika Usia Sd/Mi Menurut Teori Belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.417

Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi, Cet. X. Bandung: Nusa Media.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).

Lubis, Z. (2020). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. SUARA GURU, 4(2), 491–496.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Maulana, U., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Efektivitas Cooperative Learning Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(3), 29–33.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.

Nurhidayah, D. A., & Ponorogo, U. M. (2018). LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO).

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162.

Piaget, J. (2019). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. (n.d.).

Rahmaniar, E., & Mahmudah, I. (2022). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar Erita Rahmaniar 1  , Maemonah 2 , Indri Mahmudah 3. 6(1), 531–539.

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan dasar dan Menengah. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Penulis

Handika Handika Handika
andikaaexo@gmail.com (Kontak utama)
Teti Zubaidah
Ramdhan Witarsa

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found