Penilaian Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted (FSAW) (Studi Kasus di Titi Sari Collection)

Hayatun Nufus, Wudjud Soepeno Dihardjo, Agus Solikin

Abstract

Penilaian kinerja karyawan di Titi Sari Collection dilakukan dengan mengamati karyawan kemudian data diolah secara manual sehingga terdapat kesalahan-kesalahan dalam penginputan data karyawan dan penilaian prestasi kerja, ini semua dikarenakan penilaian Titi Sari Collection ini dilakukan secara subjektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil penilaian kinerja karyawan di Titi Sari Collection dengan menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighted (FSAW). Penelitian ini dilakukan di Titi Sari Collection, Dukun–Gresik dengan subjek karyawan Titi Sari Collection pada bidang jahit dan objek adalah kinerja suatu karyawan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dan studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif atau survey. Teknik pengumpulan data diperoleh dari studi kepustakaan wawancara, dan kuesioner. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dengan adanya penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighted (FSAW) yang diterapkan di karyawan bidang jahit Titi Sari Collection, akan membantu pihak manajemen dalam menilai kinerja karyawan karena dengan metode FSAW tersebut merupakan salah satu alternatif yang lebih baik dari alternative lainnya dan dapat menggunakan lebih dari satu kriteria. Selain itu juga, penilaian dengan menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighted (FSAW) mempunyai perbedaa yang signifikan, karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan.

Keywords

kinerja, karyawan bidang jahit, Metode Fuzzy Simple Additive Weighted (FSAW)

References

Adhenarlin. 2010. http://adhenarlin.wordpress.com/2010/03/19/pengertian-pengukuran-penilaian-dan-evaluasi. (Diakses pada tanggal 14 Januari 2015).

Alireza, dkk. 2012. Simple Additive Weighting approach to Personnel Selection problem. Jurnal Ilmiah ICTech. X (1): 1-2.

Fatihudin, didin dan Iis Holisin. 2011. Cara Praktis Memahami Penulisan Karya Ilmiah, Artikel Ilmiah & Hasil Penelitian Kripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Harahap, Mara Halim. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighted (SAW) Studi Kasus di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) tbk. Cabang Karawang. Bandung: Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).

Kusumadewi, Sri dan Purnomo, H., 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk System Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Maulana, Muhammad Rifqi. 2012. http://ictech—muchrifqim-16-1-penilaian-w.pdf. (Diakses pada tanggal 20 Januari 2015).

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.