Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di MAN 1 Tasikmalaya

Muhammad Taufiq Syarifudin (1), Nani Ratnaningsih (2), Khomsatun Ni'mah (3)
(1) Universitas Siliwangi, Indonesia,
(2) Universitas Siliwangi, Indonesia,
(3) Universitas Siliwangi, Indonesia

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguraikan kemampuan abstraksi matematis peserta didik dalam mengerjakan soal trigonometri yaitu aturan sinus di kelas 12 MAN 1 Tasikmalaya. Penelitian memakai pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang yang diambil berdasarkan level kemampuan abstraksi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesahan data dengan mencocokkan hasil tes dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan abstraksi tinggi mencapai semua indikator yaitu mentransportasi masalah ke dalam bentuk dan simbol, membuat persamaan yang setara, menyatakan hubungan antara konsep bangun datar dengan trigonometri, menggeneralisasi, membuat persamaan sesuai situasi yang diberikan. Peserta didik dengan abstraksi sedang tidak mampu mencapai 1 indikator yaitu mencari hubungan antara konsep bangun datar dengan trigonometri. Sedangkan peserta didik dengan abstraksi rendah hanya mencapai 1 indikator saja yaitu membuat persamaan yang setara.

References

Read More

Authors

Muhammad Taufiq Syarifudin
muhammadtaufiqsyarifudin@gmail.com (Primary Contact)
Nani Ratnaningsih
Khomsatun Ni'mah
Syarifudin, M. T., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di MAN 1 Tasikmalaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 231–240. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.7461

Article Details

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.