Penerapan Pendekatan SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Muhammmadiyah 10 Surabaya. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 4,88% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 43,59% dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83,97%. Aktivitas siswa sangat berhasil dengan kriteria unsur somatis sangat baik, unsur auditori baik, unsur visual baik, dan unsur intelektual juga baik. Pengelolaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata 3,67 dengan kriteria sangat baik. Respon siswa siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI adalah positif.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.
Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya : Unesa Press.
Porter, Bobbi De. 2000. Quantum Learning. Bandung : Kaifa.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Wati, Nora Pratama. 2011. Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Peer Lesson Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Surabaya Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi. Surabaya : UMSurabaya.
Yuliatin, Ika Dewi. 2011. Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Pendekatan SAVI pada Materi Segiempat dan Segitiga di kelas VII SMPN 1 Bangsal Mojokerto. Skripsi. Surabaya : Unesa.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ