Analisis Pengaruh Kebijakan Zonasi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dengan Regresi Linear
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kebijakan zonasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN di kecamatan Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 50 pertanyaan, 30 tentang persepsi zonasi, dan 20 lainnya tentang motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear dengan variabel bebas adalah pemahaman zonasi sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi dan prestasi belajar. Hasil analisis data didapatkan bahwa variabel zonasi hanya memberikan pengaruh sebanyak 3.39% terhadap motivasi belajar dan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 3.99%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Uji korelasi antara variabel zonasi dan motivasi menghasilkan ð‘−value=0.102 yang berarti lebih besar daripada ð›¼ð›¼=0.05. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa zonasi tidak memperikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Demikian juga uji korelasi antara variabel zonasi dan prestasi belajar didapatkan ð‘−value=0.5776 yang lebih besar daripada ð›¼ð›¼=0.05 sehingga variabel zonasi tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada variabel prestasi belajar siswa.
Full text article
References
Andriani, A. (2017). Pemanfaatan software R untuk analisis regresi linear. Inovate: Jurnal Ilmiah Inovasi Teknologi Informasi, 2(2).
Kemdikbud. (2018). Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang sistem penerimaan peserta didik baru. Retrieved September 5, 2020, from JDIH Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/PERMENDIKBUD%20NOMOR%2051%20TAHUN%202018.pdf
Makmun, A. S. (2009). Psikologi kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, D. B. P., Lazulfa, I., & Mufarrihah, I. (2018a). Identifikasi kesalahan mahasiswa teknik informatika dalam menyelesaikan soal statistika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 153-151. http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i2.1876
Putra, D. B. P., Lazulfa, I., & Mufarrihah, I. (2018b). Pengembangan modul berbasis kompetensi pada mata kuliah statistika mahasiswa jurusan teknik informatika Universitas Hasyim Asy’ari. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 57-63.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan: landasan kerja pemimpin pendidikan (cetakan ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.
TIM. (2018). Semua bisa sekolah! zonasi untuk pemerataan yang berkualitas. Retrieved September 5, 2020, from Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia: https://kominfo.go.id/content/detail/13689/semua-bisa-sekolah-zonasi-untuk-pemerataan-yang-berkualitas/0/artikel_gpr
Winkel. (1984). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.
Wulandari, D. (2018). Pengaruh penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. [Skripsi] Lampung: Universitas Lampung.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ