Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelompok B TK Taman Indria II Surabaya Tahun Pelajaran 2012/2013 Melalui Penggunaan Alat Bantu Hitung
Abstract
Penggunaan alat bantu hitung merupakan alat peraga yang digunakan guru untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika dan mempermudah untuk menghitung dengan benar dan cepat agar mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bentuk alat bantu hitung adalah berupa lidi, jari tangan dan kelereng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa setelah menggunakan alat bantu hitung. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena dilaksanakan untuk memperbaiki proses dan prestasi belajar siswa kelompok B melalui penggunaan alat bantu hitung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B TK TAMAN INDRIA II yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 7 siswa putri dan 12 siswa putra dengan kemampuan siswa dalam satu kelas adalah heterogen. TK TAMAN INDRIA II merupakan salah satu TK di Surabaya. TK Taman Indria Surabaya menentukan nilai kriteria ketuntasan minimal sebesar 75 untuk setiap materi pelajaran. Permasalahan yang terjadi di kelompok B adalah nilai hasil belajar matematika siswa belum mencapai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu hitung dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelompok B TK Taman Indria II Prestasi belajar matematika siswa setelah menggunakan alat bantu hitung meningkat dari 73,31 menjadi 90,25 atau meningkat 16,94 poin. Aktivitas siswa dalam mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru baik di siklus 1 maupun siklus 2 sudah cukup, berani bertanya kepada guru baik di siklus 1 maupun siklus 2 masih kurang, memahami soal dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan mengalami peningkatan yaitu sudah sesuai dengan harapan atau sudah baik.
Full text article
References
Amin, Siti. 1999. Hakekat Matematika, Surabaya : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Dali. S. Naga. 1980. Berhitung dan Sejarah Perkembangan Matematika, Jakarta : Gramedia.
E.T Ruseffendi. 1979. Pengajaran Matematika Modern 5. Bandung : Transito.
Hudoyo, Herman. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Purwanto. 2007. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.
Sadirman, 2007.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja.
Usman, Uzer. 1993. Upaya Optimaliasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
UU No : 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Citra Umbara.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ